Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bidang Pekerjaan yang Paling Terdampak Virus Corona

12 Maret 2020   12:42 Diperbarui: 12 Maret 2020   12:37 1025 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bidang Pekerjaan yang Paling Terdampak Virus Corona
Pramugari Vietnam Airlines menggunakan masker saat layani penumpang (TribunNews/Business Traveller)

Virus corona atau Covid-19 yang berasal dari Wuhan, Tiongkok telah ditetapkan sebagai Pandemi Global oleh WHO. Bagaimana tidak, hingga hari ini (12/03/2020) Covid-19 sudah menelan 126.367 jiwa di 124 negara, dengan total kematian mencapai 4.633 jiwa. Sebagian besar kegiatan di wilayah-wilayah terdampak Corona turut dihentikan, mulai dari sekolah, hingga acara-acara besar lainnya.

Banyak pihak sangat dirugikan. Namun ada beberapa bidang pekerjaan yang mendapatkan dampak paling parah akibat merebaknya virus yang diduga berasal dari pasar hewan di kota wuhan tersebut. Berikut ulasannya.

INDUSTRI PENERBANGAN

Yang sangat terdampak akibat virus corona adalah dunia penerbangan. Industri penerbangan mulai terganggu saat banyaknya larangan berpergian ke Tiongkok yang diterapkan oleh banyak Negara. Seluruh penerbangan dihentikan, akibatnya banyak dari maskapai penerbangan mengalihkan rute penerbangannya.

Cabin Pesawat yang sepi penumpang (Okezone.com)
Cabin Pesawat yang sepi penumpang (Okezone.com)

Namun yang menjadi masalah adalah saat ini hampir seluruh Negara di dunia terdampak virus ini. Artinya, banyak masyarakat yang menunda atau bahkan membatalkan kegiatan berpergiannya. Banyak dari pegawai-pegawai maskapain penerbangan yang dirumahkan sementara dikarenakan sepinya penerbangan serta larangan terbang di berbagai wilayah.

WISATA KAPAL PESIAR

Belum lepas ingatan kita akan kasus yang merebak di kapal pesiar mewah Diamond Princess, lebih dari 600an penumpangnya tertular virus corona. Ada lagi kasus lainnya yang serupa di berbagai wilayah di dunia. Akibatnya industri kapal pesiar menjadi salah satu industri yang sangat terdampak akan kasus virus corona Covid-19.

Kapal Pesiar Diamond Princess (AFP)
Kapal Pesiar Diamond Princess (AFP)

Beberapa Negara terutama di kawasan Karibia sangat mengandalkan salah satu jenis wisata ini. Beberapa Negara kecil tersebut diperkirakan akan mengalami kerugian yang cukup besar apabila tidak ada lagi kapal pesiar yang berlabuh di Negara-negara tersebut.

HOTEL

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x