Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Keren! Vietnam Gelar F1 Mulai Tahun Ini

14 Januari 2020   13:27 Diperbarui: 14 Januari 2020   13:39 101 1 0 Mohon Tunggu...
Keren! Vietnam Gelar F1 Mulai Tahun Ini
Layout Sirkuit Hanoi. Sumber : F1.com

Keputusan FIA untuk memasukkan Vietnam pada kalender f1 musim 2020 cukup mengejutkan. Betapa tidak, negeri yang pernah terpecah menjadi 2 negara tersebut bukan merupakan Negara yang gila akan balap mobil. Sama halnya dengan Indonesia, sepeda motor sangat amat disukai oleh warganya ketimbang mobil. Apalagi sirkuit yang digunakan adalah sirkuit jalan raya. Artinya pemerintah kota Hanoi secara khusus mempersiapkan arena ini untuk F1.

Ide awal untuk menghadirkan seri F1 di Vietnam diberikan oleh CEO dari FIA, Bernie Ecclestone yang bersikukuh ingin mengadakan balapan tambahan di Asia setelah GP Malaysia keluar di tahun 2017 lalu. GP Vietnam akan menjadi seri F1 ke 2 di Asia Tenggara setelah GP Singapura.

SIRKUIT

Layout Sirkuit Hanoi. Sumber : F1.com
Layout Sirkuit Hanoi. Sumber : F1.com
Sirkuit Jalan Raya Hanoi atau Hanoi Street Circuit adalah nama resmi dari trek yang akan digunakan. Sirkuit sepanjang 5.607 Meter ini merupakan sirkuit jalan raya non permanen yang dirancang oleh perancang sirkuit kenamaan, Hermann Tilke yang sebelumnya juga sukses merancang beberapa sirkuit modern kelas dunia lainnya seperti Sepang, Shanghai, Istanbul, dan lainnya. Tilke juga merancang sirkuit Jakabaring di Palembang yang sebelumnya direncanakan akan menggelar ajang Motogp sebelum berpindah ke kawasan Mandalika Lombok.

Dapat dipastikan Sirkuit ini akan menyajikan layout dan balapan yang ciamik dengan trek lurus terpanjangnya mencapai 1.5 kilometer yang merupakan salah satu trek lurus terpanjang yang pernah ada di F1. Hermann Tilke mengaku isnpirasi utama dalam membangun sirkuit ini adalah perpaduan dari berbagai macam sirkuit legendaris di dunia seperti Monaco, Suzuka, Sepang, Austin, dan juga Nurburgring.

Selain trek lurus yang sangat panjang yang memudahkan mobil-mobil bertenaga besar untuk unjuk gigi dengan akselerasi maksimal, sirkuit ini juga menyajikan tikungan-tikungan yang dirancang khusus untuk memudahkan para pembalap untuk saling menyalip.

Di akhir tahun 2019, pengelola sirkuit merencanakan sedikit mengubah layout di 2 tikungan terakhir dengan alasan keamanan.  

LOKASI

Lokasi sirkuit Hanoi di sekitar stadion nasional My Dinh Hanoi. Sumber: vietnamnet.vn
Lokasi sirkuit Hanoi di sekitar stadion nasional My Dinh Hanoi. Sumber: vietnamnet.vn
Sirkuit ini berada di distrik Nam T Lim, Hanoi. Atau lebih tepatnya Sirkuit ini berada di kawasan Stadion Nasional Vietnam yaitu Stadion Nasional My Dinh. Sirkuit ini juga melintasi beberapa bangunan kuno dan peninggalan bersejarah di Vietnam.

Distrik nam Tu Liem sendiri tak hantya merupakan distrik yang memiliki beberapa kawasan urban namun juga peninggalan kota tua yang masih terjaga hingga kini. Sekilas, sirkuit ini akan membuat kita teringat dengan sirkuit Baku di Azerbaijan.

PENGGANTI GP MALAYSIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x