Mohon tunggu...
Sumiati
Sumiati Mohon Tunggu... Lainnya - Manusia B-aja

Malas bukan jalan menuju surga

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Covid-19 Menjadi Kesempatan Baik untuk Bumi Beristirahat

27 April 2020   16:03 Diperbarui: 27 April 2020   16:03 34 0 1 Mohon Tunggu...

COVID-19 MENJADI KESEMPATAN BAIK UNTUK BUMI BERISTIRAHAT
 
Seperti yang dikutip di Wikipedia, Definisi dari Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.

Merujuk pada definisi di atas, maka lingkungan hidup Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara, yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dan cuaca serta musim yang memberikan kondisi alamiah dan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya, tempat bangsa Indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam segala aspeknya.

Virus Corona atau yang biasa disebut COVID-19, kini menjadi permasalahan besar untuk Indonesia bahkan dunia, Virus Corona tersebut merupakan virus yang mudah menular dan juga mematikan. Virus Corona ini pertama kali muncul di wuhan China pada akhir tahun 2019 dan mulai menular dengan cepatnya ke sejumlah negara di dunia, jumlah orang yang terjangkit sudah lebih dari 2jt orang di seluruh negara yang sudah dikonfirmasikan dan 200rb orang lebih meninggal dunia. 

Tak terkecuali Indonesia yang kini bahkan sudah lebih dari 8rb orang terjangkit dan 700 orang lebih meninggal dunia. Maka dari itu pemerintah menerapkan kebijakan sosial distancing dan work from home untuk mengurangi penyebaran virus Corona tersebut. sehingga menyebabkan banyak permasalahan di semua sistem masyarakat terutama di bidang perekonomian, banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya karena pekerjaan mereka yang untuk sementara ini tidak dilakukan untuk menghindari virus Corona yang mudah sekali ditularkan.

Namun ada hal baik dibalik diterapkannya sosial distancing ini, yang dimana melarang Masyarakat untuk keluar rumahnya masing-masing. Hal ini menjadikan sebagian besar berdampak positif terhadap lingkungan hidup. Dampak positif covid-19 terhadap lingkungan menjadikan bumi kita mempunyai kesempatan untuk beristirahat dari kerusakan alam yang biasanya terjadi, bumi yang harusnya bersih dari polusi, bumi yang menjadi sebuah kebutuhan dan tempat tinggal bagi setiap orang dan mahluk hidup lainnya, 

namun Hal yang Seringkali terjadi adalah manusialah yang merusak bumi. Dengan adanya covid-19 polusi yang biasa kita temukan di jalanan menjadi semakin berkurang karena banyak pabrik-pabrik yang tidak berproduksi untuk sementara, CO2 di bumi berkurang hingga 100 jt ton dan mengalami penurunan emisi global sebesar 6%. Lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih yang semakin besar kemungkinannya menjadikan flora fauna yang ada, hidup dengan semestinya di alam yang bersih.

Dampak positif lainnya juga berpengaruh terhadap kebersihan air sungai yang biasanya menjadi penyebab banjir, saluran air kini menjadi jernih tidak seperti biasanya yang dipenuhi oleh sampah yang mencemari lingkungan. Pencemaran lingkungan tentu sangat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia atau aktivitas manusia dan juga kesehatan mahluk hidup lainnya, maka hal baik yang terjadi, dengan tetap berada dirumah selama diterapkannya sosial distancing ini akan membantu mahluk hidup lainnya agar merasa aman, aman dari gangguan beberapa manusia yang tidak dapat menjaga lingkungan hidupnya agar tetap sehat dan bersih.

Lingkungan merupakan tempat yang harus diperhatikan oleh masyarakatnya, jika lingkungannya bersih maka akan berdampak baik terhadap penghuni/masyarakatnya.

Jadi intinya, kita sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan terhadap sesuatu yang berfungsi terhadap lancarnya kehidupan kita seperti Hutan, alangkah baiknya jika kita menjaga, merawat dan dipelihara dengan baik. Selain bermanfaat bagi berlangsungnya kehidupan manusia, dengan menjaga hutan, kita juga menyelamatkan jutaan flora dan fauna yang ada untuk menyeimbangkan ekosistem.

Namun COVID-19 bukan juga hal baik, bagi kita sebagai manusia baiknya berhati-hati terhadap masalah virus Corona ini, bukan hal sepele untuk tidak menjalankan anggaran yang dibuat pemerintah,  karena setiap sesuatu pasti ada positif dan negatifnya, maka manusia lebih banyak menanggung negatifnya, dan bumi bisa beristirahat dengan menerima lebih banyak hal baiknya atau positifnya.

Terakhir saya akan menyampaikan beberapa cara untuk tetap menjaga lingkungan hidup dan cara dasar agar terhindar dari virus Corona.
1.  Beberapa cara untuk tetap menjaga lingkungan yaitu seperti Menghemat penggunaan kertas dan pensil, Membuang sampah pada tempatnya, Memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang, Menghemat penggunaan listrik, air, dan BBM, serta, Menanam dan merawat pohon di sekitar lingkungan rumah tinggal. Cara tersebut Bermanfaat pula bagi kita untuk mencegah datangnya bencana-bencana alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN