Mohon tunggu...
Dede sudirman
Dede sudirman Mohon Tunggu... Seorang STAFF IT, Mahasiswa & Blogger

Senang menulis dan mengulas sesuatu yang telah diuji coba sebelumnya, khususnya dalam hal teknologi informasi. mulai menulis dari tahun 2017 namun mulai serius ditahun 2019, lihat bagaimana saya menyajikan tulisan yang dapat membantu dan menjadi pengetahuan bagi anda di virtualiable.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Berapa Kuota Internet Habis Buat Youtuban?

26 Juni 2020   10:58 Diperbarui: 26 Juni 2020   10:46 243 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapa Kuota Internet Habis Buat Youtuban?
Gambar penggunaan kuota berdasarkan kualitas video by virtualiable.com

Menikmati siaran  di media platform youtube menjadi pilihan beberapa orang dalam mengkolaborasikannya dengan aktivitas keseharian. Global publisher menyajikan keanekaragaman konten dalam berbagai kategori, mulai dari personal, bisnis, komunitas, hiburan, pendidikan maupun keahlian tertentu. Bagi sebagian orang youtube menjadi kiblat dan acuan sebelum memulai melakukan sesuatu.

Lihat bagaimana seorang ahli dan praktisi memberikan video tutorial yang dapat diikuti oleh pemula, bagai panduan jarak jauh dan dalam waktu singkat dapat ditangkap oleh penonton. Secara tidak langsung memberikan gambaran yang cukup nyata dalam mengatasi permasalah yang sedang diangkat atau penyelesaian yang ingin diperoleh.

Apa yang perlu diperhatikan oleh pengguna akan berbeda dengan tingkat akses pada halaman web biasa, Platform youtube bukan hanya menyajikan tampilan tulisan, melainkan suara, gambar, dan video  turut disertakan sehingga membuat beban terhadap penggunaan kuota internet cukup mendapatkan perhatian.

Jika anda sedikit memperhatikan, ternyata  video di youtube dapat dinikmati sesuai dengan keinginan pengguna, semisalnya mengatur kualitas low saat koneksi internet tidak terlalu baik, menengah atau tingkat tinggi dalam penyesuaiaanya. 

Kualitas video mempengaruhi bitrate (jumlah data yang dapat diolah) dan FPS (Frame per Second) yang dapat dinikmati, semakin tinggi maka semakin baik. Hal ini juga yang menentukan seberapa banyak kuota internet yang harus dikeluarkan. lihat pada gambar

Jika Kita ulas apa yang ditampilkan pada gambar tersebut adalah:

1. Kulitas video dengan Resolusi 144 Pixel (256 x 144) dengan bitrate pertengahan 90 Kbps, akan menghabiskan kuota internet sebanyak 1 MB/menit dan estimasi 60 MB/jam.

2. Video Resolusi 240 Pixel  (426 x 240 ) dengan bitrate pertengahan 400 Kbps, akan menghabiskan internet sebanyak 3 MB/menit dan estimasi 90 MB/jam.

3. Video Resolusi 360 Pixel (640 x 360) bitrate kisaran 700 Kbps, menghabiskan 6 MB/menit dan estimasi 160 MB/jam.

4. Video Resolusi 480 Pixel (854 x 480) bitrate kisaran 1500 Kbps, akan menghabiskan 10 MB/menit dan estimasi perjamnya sebesar 600 MB

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x