Mohon tunggu...
teguh wiyono
teguh wiyono Mohon Tunggu... guru SMAN 1 Losari dan hypnotherapist

Guru SMA lulusan Bahasa dan Sastra Jawa UNS sebelas maret surakarta. Seorang abdi dalem Kraton Surakarta berpangkat Bupati Anom. Bergelar Raden Tumenggung Wiyono Hadipuro.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kecanduan Gim Sebabkan Gangguan Kejiwaan

28 Maret 2020   19:34 Diperbarui: 28 Maret 2020   19:41 24 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kecanduan Gim Sebabkan Gangguan Kejiwaan
dok. kiblat.net

Jaman sekarang ini serba canggih, orang menyebutnya era digital. Semua serba digital. Bahkan anda bisa melakukan apa saja sambil tiduran dirumah. Dari mulai mendengarkan musik, berselancar di dunia maya, dan melakukan transaksi e-banking. Sungguh luar biasa, semua bisa dilakukan dengan satu tombol. Ajaib.

Salah satu yang populer dewasa ini adalah penggunaan HP android atau game. Setiap saat tanpa henti selalu bergulir seiring waktu berjalan. Apapun yang terpampang si dalamnya akan dibaca jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Apapun sebuah informasi akan cepat sampai di belahan dunia sana. 

Karena yang demikian itu maka alangkah lebih baik jika kita bisa membatasi diri. Semua informasi yang beredar di dalamnya tidak semuanya baik. Tidak semuanya menguntungkan kita, baik dari sisi material maupun mental.

Namun yang paling berdampak adalah segi psikologi kita. Mampukah kita membatasi diri dari gatget, dari aplikasi apa saja yang menawarkan kepuasan sesaat. Kita menjadi terlena lupa diri dan lupa waktu. Terhanyut masuk dalam dunia semu yang sangat menyesatkan. Semakin terseret masuk semakin jauh tersesat. Anda perlu pengendali diri. Anda perlu pengendali emosi. Itu adalah kunci efektif dari segala masalah.

Kecanduan gawai atau game

Semua yang dirasa menyenangkan dan menawarkan kepuasan batin akan membuat anda ketagihan. Anda menjadi lupa waktu, lupa makan, dan lupa menunaikan sholat. 

Dari rasa lupa itu jika dibiarkan terus menerus maka akan membuat anda sengaja menghindari atau melupakan semua kewajiban anda. 

Sengaja tidak bermain, sengaja tidak belajar, sengaja tidak sholat, dan sengaja tidak bersosial. Jika sudah demikian maka anda tidak lebih adalah seorang budak. Budak dunia budak HP, budak game online, budak dunia semu. Hidup anda tidak akan berarti bagi diri pribadi dan bagi orang lain.

Bisa menyebabkan gangguan mental atau kejiwaan

Ketagihan bermain gatget sudah sangat menghawatirkan. Sekarang ini banyak anak-anak dan pelajar yang mengalami masalah mental akibat gatget. Jika keadaan seperti ini berlarut-larut akan menjadikan masalah yang sangat serius. Yaitu gangguan kejiwaan. 

Adapun anak yang kecanduan gatget memiliki ciri susah diatur dan mereka berbuat semau sendiri. Orang tua akan mengalami kesulitan, karena anaknya inginnya main game terus. Bahkan sampai anak tidak mau makan, ogah berangkat sekolah. Jika penyakit ini sudah meningkat maka anak tersebut tidak mau mandi, tidak mau bermain dengan teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x