Mohon tunggu...
Teguh Muflih Rizky
Teguh Muflih Rizky Mohon Tunggu... Mahasiswa Elektro

masih mencari jawaban

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Teknik Pomodoro untuk Belajar Lebih Fokus dan Efisien

11 Agustus 2020   16:48 Diperbarui: 11 Agustus 2020   16:55 282 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Teknik Pomodoro untuk Belajar Lebih Fokus dan Efisien
Unsplash/ Bonneval Sebastian

Kamu sering hilang fokus dan teralihkan ke hal lain ketika belajar? . kalau jawaban iya, maka cobalah gunakan teknik Pomodoro agar belajarmu lebih fokus, sebenarnya nggak cuma belajar doang, Teknik ini juga bisa kamu gunakan untuk bekerja. Teknik ini diperkenalkan oleh Francesco Cirilla pada akhir 1980-an.

Pada dasarnya teknik ini menggunakan timer, dan memberikan interval waktu sebanyak 25 menit tiap intervalnya. Kata Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang bermakna "Tomat" karena terinspirasi oleh timer yang bernama Pomodoro kitchen timer yang berbentuk tomat.

Untuk menggunakan teknik ini kamu Cuma butuh timer atau aplikasi di gawai kamu.

Ada 6 langkah dalam teknik Pomodoro yaitu :

  1. Tentukan tugas apa yang ingin kamu selesaikan.
  2. Atur timer di gawai kamu selama 25 menit. (kamu bisa menggunakan apps yang sudah memiliki algoritma pomodoro teknik sehingga lebih efisien ).
  3. Kerjakan tugas kamu dengan fokus dan serius, jauhkan dirimu dari benda-benda yang bisa mengganggu fokusmu seperti gawai atau apapun itu.
  4. Setelah timer berbunyi, hentikan belajarmu walaupun belum tuntas. Nanti kamu bisa lanjutkan ke sesi berikutnya setelah istirahat.
  5. Selama 5 menit kamu bisa gunakan waktu itu untuk istirahat. Bisa kamu gunakan untuk mengecek gawaimu barangkali ada chat penting, atau apapun yang ingin kamu lakukan selama waktu istirahat.
  6. Setelah 4 sesi berakhir atau 4 x 25 menit = 1 jam. Kamu bisa beristirahat lebih lama sebanyak 15 menit.

Pada dasarnya teknik Pomodoro bertujuan membuatmu untuk lebih fokus. Namun, jika kamu belum terbiasa dan merasa terpenjara, kamu bisa melakukan adaptasi terhadap lama waktu yang sudah ditetapkan.

Menurut Staffan Noteberg seorang peneliti dan penulis buku mengenai Pomodoro, mengatakan bahwa ada beberapa manfaat teknik pomodoro yaitu:

  1. Memudahkan untuk fokus pada tugas yang paling penting.
  2. Membantu kamu menghindari gangguan yang tidak perlu.
  3. Meningkatkan kontrol kamu dan mengurangi stres.
  4. Didasarkan pada penelitian ilmiah.

Salah satu apps yang bisa kamu gunakan adalah apps bernama Focus To-Do: Pomodoro Timer & To Do List, dengan apps ini kamu bisa melakukan teknik pomodoro dengan lebih mudah.

Tampilan Apps yang dapat digunakan untuk teknik pomodoro/dokpri
Tampilan Apps yang dapat digunakan untuk teknik pomodoro/dokpri

kamu bisa download apps-nya di Google Play Store

Berikut adalah video yang dibuat oleh Youtube channel Hutata yang akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai teknik Pomodoro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN