Mohon tunggu...
Teguh Muflih Rizky
Teguh Muflih Rizky Mohon Tunggu... Mahasiswa Elektro

masih mencari jawaban

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Six Thinking Hats, Metode Mengambil Keputusan dengan Tepat

14 Juli 2020   13:36 Diperbarui: 22 Juli 2020   16:46 45 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Six Thinking Hats, Metode Mengambil Keputusan dengan Tepat
Unsplash/ Jason Strull

Metode Six Thinking Hats adalah sebuah metode berpikir yang diperkenalkan oleh Edward de Bono. Metode ini membantu kamu untuk mengambil keputusan dengan baik dan tepat menggunakan beberapa pendekatan perspektif atau sudut pandang,. Sudut pandang di sini akan diwakilkan oleh warna topi, sehingga perbedaan warna topi tersebut kamu diharuskan untuk memberikan perspektif yang beragam. Baik berdasarkan fakta, intuisi, emosi, opini, optimistis dan lain sebagainya.

Metode Six thinking hats dapat digunakan dalam rapat yang sangat penting untuk memutuskan hal-hal besar, hingga permasalahan sehari-hari yang kerap kamu hadapi.

Berikut adalah 6 warna topi yang digunakan dalam metode Six thinking hats :

1. Topi Putih- fakta dan informasi

Unsplash/ Vino Li 
Unsplash/ Vino Li 

Topi ini mengajak kamu untuk berpikir rasional dan bertindak berdasarkan informasi dan data. Informasi yang telah kamu miliki kemudian kamu olah berdasarkan pengetahuan kamu, untuk menghasilkan keputusan paling tepat untuk menyelesaikan masalah.

2. Topi Merah- Emosi dan Intuisi

Unsplash/ Devin Justesen 
Unsplash/ Devin Justesen 

Warna merah identik dengan emosi. Yap, pada topi ini kamu diajak untuk melihat masalah dari perspektif emosi dan intuisi. Acapkali kita berpikiran bahwa dalam mengambil keputusan tidak boleh membawa emosi dan intuisi, namun dalam metode ini kamu diharuskan memberikan perspektif emosi dan intuisi.

Ketika kamu "menggunakan" topi ini cobalah untuk berpikir menjadi orang lain, rasakan emosi mereka ketika alternatif pilihan penyelesaian masalah kamu ambil, bagaimana reaksi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x