Mohon tunggu...
Teguh Armando
Teguh Armando Mohon Tunggu... Tugas kampus

Jangan tunggu saatnya tiba untuk memulai, mulailah agar saatnya tiba

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Semangat Hari Sumpah Pemuda

28 Oktober 2020   03:43 Diperbarui: 28 Oktober 2020   08:23 38 1 0 Mohon Tunggu...

Rabu, 28 oktober 2020 akan kembali di peringatinya peristiwa hari sumpah pemuda yang ke-92 tahun. Sumpah pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah kebangkitan kemerdekaan negara kesatuan repoblik Indonesia. Sumpah pemuda adalah keputusan kongres pemuda ke-2 yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 27-28 oktober 1928 di Jakarta. Berikut adalah isi sumpah pemuda:

1.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia

2.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

3.Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasapersatuan bahasa indonesia

Dapat dilihat dari sejarah sumpah pemuda kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia, peran pemuda sangatlah besar dalam kebangkitan suatu bangsa terutama Indonesia. Untuk sebagai pemuda yang baik mari kita tanamkan semngat sumpah pemuda dalam diri kita masing masing. Berbagai hal dapat kita lakukan sebagai bentuk perjuangan pemuda pada masa kini, contohnya adalah sebagai berikut:

1.Ikut andil dalam berbagai kegiatan kepemudaan

2.Semangat gotong royong

3.Tidak membuat onar di lingkungan masyarakat

4.Menuntut ilmu stinggi tingginya agar dapat menata masa depan yang lebih baik

Sebagai pemuda bangsa Indonesia kita harus menjunjung tinggi nilai nilai dan menjaga semangat sumpah pemuda. Untuk menjaga nilai nilai dan semangat sumpah pemuda tentu kita harus mengetahui apa saja makna yang terkandung dalam rumusan sumpah pemuda. Maka dari itu kita di tuntut untuk belajar dan memahami makna sumpah pemuda sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sumpah pemuda.

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, kita dapat melakukan berbagai kegitan positif seperti kegitaan gotong royong, melakukan kegitaan kemanusian seperti donasi, donor darah dan juga membuat kegitan olahraga sepeti mengadakan pertandingan sepak bola sebagai bentuk semangat hari sumpah pemuda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN