Mohon tunggu...
Teguh Arief Septyawan
Teguh Arief Septyawan Mohon Tunggu...

Seorang pembelajar Sepanjang Zaman

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Melihat Ego Bangsa Indonesia

15 April 2014   18:27 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:39 176 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Ego Bangsa Indonesia
1397535765496002992

Rupanya bangsa Indonesia belakangan ini sedang krisis pede. Bagaimana tidak, ketika bangsa lain dengan bangganya menggunakan produk bangsa sendiri alias hasil karya anak bangsa, justru Indonesia sangat bangga menggunakan produk bangsa lain. Yang jika dikalkulasi sudah pasti produk tersebut jauh lebih mahal ketimbang produk lokal yang murah. Tapi ingat yah bukan murahan...

Saya ingin mengajak anda semua mengingat ke zaman dimana dunia dirgantara Indonesia bangkit dan dapat menghasilkan sebuah pesawat. Masih ingat dengan N250 si Gatot Kaca itu kan. Dahulu seorang Presiden dan juga konseptor pesawat handal di Indonesia BJ. Habibie dengan bangga memperkenalkan bagaimana anak bangsa dapat membuat sebuah pesawat yang dari sisi biaya sudah pasti lebih murah.

[caption id="attachment_331784" align="aligncenter" width="600" caption="N250 Gatot Kaca, Kebanggaan Anak Bangsa"][/caption]

Tapi coba lihat reaksi petinggi bangsa ini pada saat ini, adem ayem saja. Mungkin awalnya euforia menyembut keberhasilan pembuatan pesawat, namun lama kelamaan euforia tersebut meredup digilas euforia dibidang lain yaitu reformasi politik. Sah-sah saja reformasi politik bangsa ini disambut gegap gempita, tapi justru mulai zaman reformasilah industri pesawat terbang yang dirintis mati-matian oleh anak-anak terbaik bangsa mulai mati suri. Alhasil sang kreator pesawat Indonesia beserta anak buahnya dibajak oleh perusahaan pesawat besar di dunia yaitu Boeing.

Sekarang kita lupakan sejenak industri pesawat yang mati suri, kita ingat kembali bagaimana dunia otomotif Indonesia yang mau maju, namun akhirnya menjadi mati suri lagi. Beberapa tahun yang lalu sebelum Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, kita lihat diberbagai media mengangkat karya anak bangsa lainnya yaitu sebuah mobil Esemka yang dihasilkan oleh putra-putra terbaik SMK di Solo. Padahal sang perakit mobil Esemka yaitu Sukiyat tidak pernah bermimpi mobil rakitan dirinya bersama siswa SMK dapat booming.

[caption id="attachment_331785" align="aligncenter" width="640" caption="Mobil Esemka Rajawali, Sempat menjadi primadona"]

13975358542049118186
13975358542049118186
[/caption]

Saking boomingnya, dukungan Walikota Solo saat itu terhadap mobil Esemka tidak main-main, dimana pemkot Solo memesan dua buah mobil Esemka yang dinamakan Rajawali untuk menjadi kendaraan dinas operasional orang nomor satu dan dua di Kota Solo. Namun gegap gempita terhadap mobil Esemka hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, praktis setelah Jokowi berpindah ruang kerja dari Solo ke Medan Merdeka, popularitas mobil Esemka mulai meredup dan hingga kini mati suri kembali.

Bahkan belakangan ini, proyek mobil tersebut digugat beberapa pihak karena ternyata onderdil dari mobil tersebut tidak murni buatan Indonesia. Terlepas berita itu benar atau tidak, toh Esemka saat ini sudah terlupakan oleh para pejabat tinggi di negeri ini.

Setelah mobil Esemka tiba-tiba seorang bos media lokal ketika diangkat menjadi Menteri BUMN dari posisi sebelumnya Dirut PLN yaitu Dahlan Iskan hadir menghiasi media massa dengan penampakan sebuah mobil listrik karya anak bangsa yang disinyalir ramah lingkungan. Ternyata arsitek dibalik mobil tersebut merupakan putra asli Indonesia asal Padang yang telah lama malang-melintang bekerja di negeri Sakura dan berhasilkan mematenkan 14 penemuannya selama di Jepang, dia adalah Ricky Elson.

Ricky Elson pulang ke Indonesia atas desakan sang menteri untuk menciptakan mobil listrik nasional. Gayung bersambut, Ricky pun pulang kampung ke Indonesia dan menghasilkan beberapa mobil listrik seperti Tucuxi, Selo, hingga Gendhis. Ketiga mobil listrik diatas merupakan hasil karya Ricky dengan dukungan penuh dari Dahlan Iskan.

[caption id="attachment_331786" align="aligncenter" width="308" caption="Mobil Listrik Tucuxi, Gagal unjuk gigi"]

1397535945702278832
1397535945702278832
[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x