Teguh Yuswanto
Teguh Yuswanto wartawan

jurnalis dan penulis

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Fryda Lucyana Terlibat Proyek 'Sampah Sayang'

28 Januari 2019   14:39 Diperbarui: 28 Januari 2019   15:21 124 1 0

Pelantun lagu 'Rindu', Fryda Lucyana mengaku senang bisa terlibat dalam proyek yang digagas seniman senior Titiek Puspa. Yaitu rekaman dan syuting video klip lagu layanan masyarakat berjudul 'Sampah Sayang' karya Titiek Puspa.  Titiek Puspa, ingin lagu itu dinyanyikan oleh sedikitnya 100 penyanyi perempuan Indonesia.

Tentu saja tantangan besar harus mengumpulkan 100 penyanyi perempuan. Nah di sinilah salah satu peran Fryda Lucyana. Saking semangatnya dan ingin proyek  idealis itu berjalan mulus, berinisiatif ikut  membantu  agar proyek itu berjalan lancar.

"Aku senang sekali dan rasanya penuh semangat untuk  bisa tidak hanya berpartisipasi secara pribadi, tapi bisa rame-rame bersama teman-teman sehingga betul-betul terasa kebersamaannya," ungkap wanita kelahiran 17 Desember saat ditemui di lokasi syuting video klip lagu 'Sampah Sayang' di Kolam Renang Tirta Yudha, Komplek Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur pada  Sabtu (26/1) lalu.

Lebih jauh Fryda menuturkan, untuk bisa mengumpulkan 100 penyanyi tidak mudah. Itu sebabnya, Fryda langsung membantu menghubungi teman-teman penyanyi wanita Indonesia lintas generasi.

Fryda merasa tergerak dengan sendirinya dan langsung ambil peran dalam proyek tersebut. Awalnya,  Titiek Puspa minta tolong pada Glenn Fredly untuk mengajak 100 penyanyi perempuan. Terus Glenn bikin pengumuman di WAG (WA Group-pen) 'Komunitas Biduan',   tentang akan dibuat proyek single 'Sampah Sayang'. Lewat WAG tersebut selain mengajak teman -- teman artis penyanyi perempuan untuk  berpartisipasi,  juga memberi link kontak person yang telah ditentukan.   

"Aku berinisiatif untuk turut membantu menghubungi  dan mengajak  cukup banyak teman -- teman senior dan junior artis penyanyi perempuan lainnya dari berbagai generasi maupun genre. Satu persatu secara japri (jaringan pribadi-pen) untuk bersama-sama men-suport project lagu 'Sampah Sayang' ini," lanjut Fryda, anak tunggal pasangan hakim ini.

Barangkali karena kesadaran para penyanyi perempuan Indonesia untuk ikut peduli mengampanyekan tentang pengelolaan  sampah di Indonesia, total penyanyi yang terlibat membengkak menjadi 120 penyanyi.

"Karena project ini, selain agar semua peduli pada isu pengendalian sampah dengan cara menyayangi sampah, juga dengan selalu memilah dan membuang pada tempatnya. Project lagu 'Sampah Sayang' ini juga merupakan bentuk pengabdian perempuan Indonesia. Oleh karena itu tidak hanya penyanyi saja yang perempuan. Semuanya termasuk arranger musik dan sutradara video klipnya pun perempuan," tutur Fryda.

Yang patut mendapat acungan jempol, semua yang terlibat di dalam  proyek ini tidak dibayar, alias gratis.

fryda-sendirian-5c4eb1fa43322f02994b9c77.jpeg
fryda-sendirian-5c4eb1fa43322f02994b9c77.jpeg
"Sama sekali tidak ada honor, bahkan uang transport tidak ada. Betul -- betul kontribusi dan partisipasi secara swadaya, gotong royong dari seluruh artis yang terlibat," papar Fryda.

Rupanya keterlibatan Fryda bukan hanya ikut  membantu menghubungi penyanyi lain. Selain  ikut tercatat dalam deretan 120 penyanyi lagu 'Sampah Sayang' dan ikut syuting pembuatan video klip lagu tersebut, Fryda juga ikut mendampingi Titiek Puspa untuk jumpa pers .

"Saya ikut juga bersama Eyang Titiek Puspa dan rekan-rekan penyanyi yang lain dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership        yang dihadiri Bapak Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari lalu di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan -- Manggala Wanabhakti ," jelas Fryda.

Nantinya video klip lagu 'Sampah Sayang' akan diputar di tv-tv sebagai kampanye  agar masyarakat mau  membuang sampah pada tempatnya. Bukan hanya itu agar memilah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Sementara potongan video klip yang berdurasi  sekira 30 detik akan dibuat sebagai iklan layanan masyarakat. Selain disiarkan melalui televisi juga melalui sosmed agar masyarakat juga mudah aware dan peduli. Target dari lagu ini agar masyarakat mau membuang sampah pada tempatnya dan mau memilah lebih dahulu sebelum dibuang.

press-conference-5c4eb2b6c112fe430e54a8a9.jpeg
press-conference-5c4eb2b6c112fe430e54a8a9.jpeg
Berikut ini beberapa dari 120 penyanyi yang terlibat dalam single 'Sampah Sayang'.     Dewi Lango, Clarice (Anak anak pesta sahabat RtV), Chicha Koeswoyo, Sari Koeswoyo, Kenny Koeswoyo (anak Tonny Koeswoyo), Neida 'HiVi', Olive Latuputty, Mian Tiara, Soimah, Inul Daratista, Memes, Widi Viera, Bonita, Nowela, Dewi Perssik, Ita Purnamasari, Titiek Puspa, Selfi (artis Indosiar), Nabila (artis Indosiar), Putri (artis Indosiar), Nisa (artis Indosiar), Ibu Anne, Cantiak 'GAC', Yura Yunita, Audrey 'GAC', Firdania, Rieka Roslan, Aulia 'DAJ', Titi DJ, Nesia Ardi, Yuni Shara, Lesti, iis Sugianto, Jane, Titik Sandhora, Rara, Dila, Dira Sugandi, Syahrini, Shelomita, Vetalia Pribadi, Faye, Fatin Shidqia Lubis, Rani (Indosiar), Weri (Indosiar), Andien, Cyra, Tantri 'Kotak', Morita, Amelia Ong, Regina 'Geisha', Lea Simanjuntak dan Fryda Lucyana.