Mohon tunggu...
Teguh Wiyono
Teguh Wiyono Mohon Tunggu... Guru - Pendidika

Berkarya untuk Sesama, Mengabdi untuk Negeri

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Telepon Umum, Teknologi yang Usang Dimakan Zaman

18 September 2022   07:15 Diperbarui: 18 September 2022   07:16 134 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selamat pagi kompasianer, semoga kita masih diberikan kesehatan, sehingga kita bisa menikmati "asupan" pengetahuan dari artikel-artikel para penulis di kompasiana.com

Hari sabtu kemarin (17/09/2022), saat penulis jalan-jalan, ke salah satu kota dijakarta, tak sengaja mata penulis melihat sebuah kotak berwarna biru, yang terlihat mulai pudar warna biru yang mendominasinya,karena termakan usia.

Pikiran penulispun langsung "berselancar" kembali ke puluhan tahun yang lalu, dimana kotak kotak biru itu adalah teknologi tercanggih pada zamannya. Betapa tidak, dengan sebuah uang koin 100 atau kartu langganan,masyarakat bisa menikmati untuk menghubungi sanak saudara, teman sekolah atau bahkan "teman dekat".

Telepon umum itulah nama kotak biru itu, telepon sering kita jumpai ditiap sudut kota, dipusat pusat keramaian selalu terpasang telepon umum. Seluruh masyarakat bisa menikmati teknologi canggih itu dengan murah. 

Generasi tahun 70-80an, pasti tidak asing dengan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum terkadang harus mengantre, karena semua ingin menggunakannya bahkan karena saking asyiknya bertelepon ada yang gedor gedor dari luar agar teleponnya segera diakhiri ( ga asyik ya hmm)

Namun dengan perkembangan zaman, teknologi juga berubah. Alat komunikasipun turut berubah. Jika dahulu kala, untuk dapat melakukan komunikasi mendatangi pusat keramaian, kini kita bisa melakukan komunikasi dari sudut kamar, dari tempat tidur. Begitu mudahnya.

Sehingga alat komunikasi seperti telepon umum, mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Sehingga telepon umum kini menjadi barang usang, seperti tanpa makna.manusia kini mulai bergeser menggunakan teknologi yang lebih cepat, bisa berkomunikasi dari mana saja, kapam saja dan dengan siapa saja.

Telepon umum memang murah pada masanya, tetapi memiliki keterbatasan jangkauan komunikasi, telepon umum hanya bisa menjangkau wilayah lokal atau satu kota saja. Jika ingin komunikasi dengan teman sejawat diluar kota tidak bisa dilakukan melalui telepon umum.

Apapun itu, telepon umum merupakan bagian sejarah alat komunikasi dinegeri tercinta ini. Melalui PT Telkom Indonesia indonesia mampu menyediakan alat komunikasi yang baik bagi masyarakat luas. 

Biarlah telepon umum kini jadi barang usang, akan tetapi  telepon umum telah mewarnai perjalanan alat komunikasi diindonesia pada masanya.terima kasih telepon umum.kau tetap menjadi kenangan yang indah bagi generasi kami..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan