Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Guru - Tutor Sekolah Non Formal

Tinggal di Bandung. Menyukai bidang politik, sosial dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kepemimpinan Muda Era Digital

18 November 2022   18:35 Diperbarui: 18 November 2022   18:38 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pembangunan Karakter Pemuda Literat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Photo: Teguh

Tidak dapat dipungkiri jika era digital saat ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi kaum muda di Indonesia terutama dalam hal kepemimpinan

Era digital ini adalah suatu kondisi zaman yang ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi dan komputer yang begitu cepat karena dipicu oleh kemunculan teknologi internet. 

Di era ini hampir segala macam urusan dan aktivitas manusia menjadi serba otomatis. 

Begitu pula produk-produk yang diciptakan bagi penunjang kebutuhan kehidupan manusia didalamnya mengikuti tuntutan yang ada dan mulai meninggalkan pedekatan teknologi yang bersifat konvensional.

Kendali kehidupan manusia di era digital dapat dipastikan hampir di domonasi oleh kaum muda atau generasi baru dimana mereka begitu melek terhadap kemajuan informasi yang nota bene tidak manual lagi. 

Sementara kita mengetahui bahwa corak kehidupan manusia yang ada tidak serta merta seluruhnya dapat tergantikan dengan hal-hal yang berbau otomatis tersebut seperti salah satunya yaitu soal kepemimpinan.

Inilah tantangan yang sebagaimana dimaksud di atas dimana pemimpin pada era ini adalah ia yang dapat hadir dan dituntut memiliki pengetahuan baru serta kemampuan yang konfrehensif juga serba cepat terutama dalam hal memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakatnya. 

Pemimpin di zaman ini mesti mereka yang mau membuka diri dan senantiasa terus belajar terhadap perubahan yang berkembang pesat tersebut.

Dari irisan-irisan karakter terkait dengan sosok kepemimpinan yang dibutuhkan di era digital, meniscayakan kelompok muda-mudi saat ini untuk mengambil peranan. 

Kelompok muda-mudi ini adalah mereka yang secara kelahiran dan pengalaman telah ditempa langsung disaat teknologi digital tengah hidup. Sehingga wajar merekalah yang kemudian menjadi sangat dominan adanya.

Namun kendati demikian, dalam menjaga keseimbangan kehidupan manusia ini, kaum muda-mudi yang menjadi pemimpin bangsa itu pun tentunya meski secara arif mampu memahami tatanan nilai-nilai kehidupan yang pernah ada sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun