Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Penulis - Tutor

Praktisi sosial budaya dan literasi masyarakat. Tutor PKBM Sukamulya. Alumni FISIP Universitas Al-Ghifari. Tinggal di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Penyaluran LPG 3 Kg akan Dihentikan, Kompor Listrik Jadi Pilihan

22 September 2022   18:04 Diperbarui: 22 September 2022   19:54 135 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
LPG 3 Kg segera terganti kompor listrik. Photo: cnbcindonesia.com

Sumber energi gas kemasan dalam tabung atau sering disebut LPG (Liquefied Petroleum Gas) ukuran 3 Kilogram (Kg) perlahan penjualannya akan segera berakhir.

Penyebab gas "melon", sebutan lain LPG 3 Kg akan semakin langka menyusul terbitnya kebijakan pemerintah dalam hal pengaturan perubahan sistem penyaluran subsidi melalui gas LPG 3 kg.

Sistem penyaluran LPG 3 Kg itu bersifat terbuka, sehingga orang akan mudah memperolehnya.

Relevansi penyaluran LPG 3 Kg yang diprioritaskan peruntukannya kepada warga miskin, belum tepat sepenuhnya, sehingga banyak dari golongan masyarakat mampu turut menggunakan gas melon bersubsidi ini.

Laman kontan.co.id perihal pemberitaan gas LPG 3 Kg tidak akan lagi dijual bebas mulai tahun 2022 menyebutkan bahwa, saat ini, pemberian subsidi kerap "melenceng" karena ketidakakuratan data.

Data Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) mencatat subsidi LPG 3 Kg hanya dinikmati oleh 36 persen dari 40 persen masyarakat termiskin di Indonesia. Di sisi lain, 40 persen orang terkaya justru menikmati 39,5 persen dari total subsidi.

Alasan lain, tingginya biaya produksi dan subsidi yang harus ditanggung pemerintah saat ini sebagai konsekuensi dari penyediaan bahan dasar LPG yang bersumber dari gas impor.

Kompor Listrik

Antisipasi kelangkaan gas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui PT. PLN kini mendorong program kompor listrik dan tengah melakukan uji coba konversi gas LPG 3 kilogram (Kg) ke kompor listrik 1.000 watt.

Lalu, apakah program ini akan menjadi solusi terbaik menjawab kebutuhan energi dan bahan bakar?

Meskipun nanti ada kompor listrik, peredaran gas itu tidak hilang terutama untuk tabung gas ukuran 5 Kg dan 12 Kg. Yang ditarik itu yang 3 Kg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan