Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - "Si Vis Pacem, Para Bellum"

Suka baca buku, nonton film dan menghayal, berimajinasi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

6 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengelola Kesehatan Mental

15 Agustus 2023   20:29 Diperbarui: 15 Agustus 2023   20:32 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : University of Bath

Kesehatan mental adalah aspek penting dari kesejahteraan manusia yang sering kali diabaikan. Dalam dunia yang semakin sibuk dan penuh tekanan, mengelola kesehatan mental menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Seperti halnya kita merawat tubuh fisik, merawat pikiran dan perasaan kita juga merupakan langkah penting untuk mencapai keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup.

1. Kesadaran Diri dan Penerimaan

Langkah pertama menuju pengelolaan kesehatan mental adalah mengembangkan kesadaran diri yang mendalam. Ini berarti mengenali perasaan dan pikiran kita dengan jujur, tanpa penilaian yang berlebihan. Penerimaan terhadap diri sendiri adalah kunci utama dalam proses ini. Saat kita menerima diri kita dengan semua kelemahan dan kelebihan, kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan pribadi.

2. Praktik Kesehatan Mental Sehari-hari

Seperti rutinitas fisik, kita juga memerlukan rutinitas untuk menjaga kesehatan mental. Praktik seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan emosional. Menerapkan teknik relaksasi dan bernapas dalam situasi menegangkan dapat membantu menjaga ketenangan dalam menghadapi tantangan.

3. Manajemen Stres

Stres adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan, tetapi kita dapat belajar bagaimana mengelolanya. Identifikasi sumber stres dan temukan cara untuk mengatasinya, seperti memprioritaskan tugas, mengatur waktu dengan bijaksana, dan belajar mengatakan "tidak" jika perlu. Terkadang, langkah kecil dalam mengatasi stres dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mental kita.

4. Komunikasi Efektif


Berbicara tentang perasaan dan pikiran kita kepada orang yang kita percayai dapat membantu meringankan beban emosional. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau seorang profesional jika diperlukan. Terkadang, berbicara dengan seseorang yang tidak terlibat dalam situasi dapat memberikan wawasan yang berharga.

5. Hargai Kehidupan Non-Digital

Dalam era teknologi modern, kita sering kali terjebak dalam dunia digital. Namun, penting untuk menghabiskan waktu dalam kehidupan nyata dan merasakan momen-momen di sekitar kita. Menghabiskan waktu di alam terbuka, menjalani hobi yang dicintai, atau hanya menikmati waktu bersama orang yang kita cintai dapat memberikan kedamaian dan kebahagiaan yang mendalam.

6. Pertumbuhan Pribadi dan Pembelajaran Berkelanjutan

Selalu ada peluang untuk tumbuh dan belajar dalam kehidupan. Jangan takut untuk mengambil risiko, menghadapi tantangan baru, atau menjelajahi minat dan bakat yang belum diungkapkan. Pertumbuhan pribadi adalah perjalanan tanpa akhir yang membawa kita lebih dekat pada diri kita yang sejati.

Dalam akhirnya, mengelola kesehatan mental bukanlah tujuan yang dapat dicapai dalam semalam. Ini adalah perjalanan berkelanjutan yang melibatkan kesadaran, komitmen, dan usaha. Dengan mengadopsi praktik-praktik ini, kita dapat menciptakan fondasi yang kokoh untuk kesejahteraan jangka panjang dan kebahagiaan dalam hidup kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun