Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Pegawai

Sederhanakan segala sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apakah Membangun Blog Harus Menulis dengan Satu Niche Saja?

15 November 2022   19:00 Diperbarui: 15 November 2022   19:01 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya bertanya-tanya dan mencoba mencari informasi mengenai "apakah untuk membangun blog kita harus menulis fokus pada satu kategori saja ya" atau "apakah menulis dengan banyak kategori dan tidak terfokus pada satu kategori saja lebih baik?", jadi mana yang lebih baik sebenarnya?...

Tentu saja hal ini saya tuliskan agar para sahabat kompasiana yang sudah senior dalam menulis dan membangun blog nya mau memberikan tanggapanya untuk para penulis pemula seperti saya ini, dan bagaimana pendapat anda sebagai penulis pemula, apakah anda lebih nyaman menulis dengan satu tema bahasan saja atau menulis sesuka hati di banyak kategori dan pembahasan tema?

Bagi saya sendiri sampai saat ini saya masih merasa ingin menulis di berbagai kategori sesuka saya saja, apa yang saya pikirkan tentang suatu hal ya saya tulis saja, apa yang mau saya tulis, kelihatan ya belum profesional haha, maklum saya juga masih baru, namun sejujurnya saya ingin tahu mana yang lebih baik menulis di satu kategori saja atau bebas saja.

Dan apasih perbedaan penulis yang bercentang biru dan bercentang hijau seperti saya?, apakah penulis bercentang biru itu punya benefit khusus dari kompasiana atau gimana?, kenapa saya baca banyak penulis yang mau jadi centang biru ya?, jika iya, bagaimana caranya ya supaya menjadi penulis bercentang biru di kompasiana, apakah kita harus menulis dengan satu tema nicheatau ya itu terserah penilaian admin kompasiana siapa yang layak menurut mereka menjadi penulis bercentang biru. 

Tentu saja sebagai seorang pemula saya belum tahu banyak tentang menulis di kompasiana ini, maklum umur akun kompasiana saya masih 2,5 bulan. Ya alasan saya menulis saya senang saja menulis dan ingin mengisi kegiatan kosong saya dan menyampaikan isi gagasan, ide dan pemikiran saya lewat tulisan saya. 

Bahkan seorang penulis pemula pun ingin menjadi penulis profesional juga, ingin suatu saat dapat menerbitkan buku, ingin juga menciptakan karya yang berguna, oleh karena itu saya meminta pendapat dari para sahabat penulis di kompasiana ini mengenai hal ini. 

Semoga teman-teman berkenan untuk memberikan tanggapan mengenai hal ini di kolom komentar, untuk sebagai bahan refleksi dan pembanding, demikian artikel ini saya tulis, terimakasih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun