Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - "Si Vis Pacem, Para Bellum"

Buku, Saham, Musik, Bola dan Imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Untuk Para Perokok, Sadari Bahaya Asap Rokok dan Abu Rokok yang Berserakan

5 November 2022   14:21 Diperbarui: 5 November 2022   14:36 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Ilustrasi : Grid.ID

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari dalam hidup kita, menjumpai seorang perokok merupakan hal yang mudah. Kadang ya merupakan orang terdekat kita sendiri seperti ayah, ibu, kakak, tetangga, suami, istri, atau anak kita sendiri.

Saya sendiri juga dalam keseharian banyak dikelilingi oleh  para perokok aktif baik teman satu kontrakan, dan juga sebagian keluarga besar saya merupakan perokok aktif, begitu juga dengan almarhum ayah saya juga merupakan perokok aktif.

Syukur nya saya sendiri bukan merupakan perokok, dalam hal ini saya tidak menyalahkan seorang perokok yang memilih keputusan untuk merokok dalam hidupnya, itu terserah kita masing-masing.

Yang saya kesalkan adalah seorang perokok yang tidak perduli kepada dimana seharusnya dia merokok, karena saya sangat kesal dengan asap rokok yang membuat sesak dan saya juga kesal sekali dengan perokok yang membuang abu rokok nya di sembarang tempat atau berserakan, apalagi dia malas menyapu abu rokoknya sendiri.

Bagi para perokok aktif di seluruh tanah air, siapapun kalian percayalah mereka yang tidak merokok, orang-orang yang berada di sekeliling kalian yang tidak merokok, pastilah sangat kesal dengan asap rokok dan abu rokok kalian yang berserakan.

Kalaulah perokok sadar akan bahaya asap rokok yang dihirup oleh sekelilingnya dan mereka para perokok yang membuang sembarangan abu rokok nya sadar akan bahaya dari abu rokok yang berserakan tersebut, pastilah mereka akan sangat menyesal.

Saya yang bukan seorang perokok, sejujurnya merasa sangat sesak apabila dikelilingi banyak perokok yang mengeluarkan asap rokok di udara sekeliling. Rasanya sangat-sangat tidak nyaman.

BAHAYA ASAP ROKOK

Sumber Ilustrasi : Indonesia Baik
Sumber Ilustrasi : Indonesia Baik

Tahukah anda bahwa Menurut WHO, sekitar 1,2 juta manusia meninggal setiap tahunnya akibat asap rokok walaupun tidak merokok. Terdapat setidaknya 7.000 zat kimia pada asap rokok, minimal 250 di antaranya diketahui merugikan kesehatan. Partikel-partikel berbahaya di dalam rokok dapat bertahan di udara selama beberapa jam atau lebih lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun