Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Pegawai

Sederhanakan segala sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Sumber Bacaan dan Pergeseran Cara Membaca

24 Oktober 2022   12:00 Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:04 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(E-book VS Book , Sumber ilustrasi : GEOTIMES)

Selamat siang rekan-rekan pembaca setia kompasiana, selamat membaca dan menikmati artikel ini. 

"Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Sumber Bacaan dan Pergeseran cara membaca"

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita manusia, ia bisa berguna untuk menunjukan sesuatu, membuat kita jadi tahu akan sesuatu, membuat kita memahami hal baru yang kita kenal, menambah pengetahuan kita, menginspirasi kita untuk bertindak terhadap sesuatu dan banyak manfaat lainya yang tidak bisa saya sebutkan habis satu-persatu.

Belakangan ini karena perkembangan teknologi dunia, saya melihat membaca buku atau bahan bacaan lainya seperti artikel, koran sebagai media berita sudah mengarah ke bahan bacaan elktronik, atau yang saya maksud seperti e-book, atau ya seperti artikel kompasiana yang bisa kita akses lewat HP. 

Prediksi saya kali ini berangkat dari pemikiran yang lahir dari observasi keseharian hari ini, saya bertanya dalam pikiran "apakah benar e-book bisa menggantikan buku dalam kecintaan masyarakat dalam buku secara langsung?", Kalau saya pribadi menjawabnya, saya rasa kenikmatan membaca buku langsung dari buku yang kita beli tidak dapat digantikan oleh buku elektronik berbentuk seperti e-book atau sejenisnya.

Kenikmatan membaca lahir dari proses kita mencari-cari buku di toko buku seperti gramedia, membalik-balik lembar per lembar buku tersebut, menggarisi atau menstabilo kalimat yang kita rasa mengesankan kita, dan banyak lagi kenikmatan-kenikmatan yang lahir dalam prosesnya.

Jadi menurut saya perkembangan teknologi dalam mempengaruhi pergeseran cara membaca atau sumber bacaan tidak terlalu berpengaruh dalam pertumbuhan dan kecintaan masyarakat yang suka membaca terhadap buku. mungkin media seperti koran sebagai sumber berita akan tergantikan dengan artikel yang lebih mudah diakses, namun berbeda cerita dengan buku. Buku punya kenikmatannya sendiri.

******


Sekian pendapat dari penulis.

Artikel ialah suatu karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan. 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun