Mohon tunggu...
Nogo Tegar Segara
Nogo Tegar Segara Mohon Tunggu... menulis untuk belajar , belajar untuk menulis

Ilmu itu bukan yang dihafal, tetapi yang memberi manfaat (Imam Syafii) Instagram dan twitter : @tegarsegara

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

7 Tips Menulis di Kompasiana dengan Teknik "Copywriting" ala Amazon

18 Juni 2021   18:33 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:19 89 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Menulis di Kompasiana dengan Teknik "Copywriting" ala Amazon
7 Tips copywriting ala amazon / Koleksi Pribadi, Canva

Hampir semua media sosial berbasis tulisan. Di Twitter kita kenal dengan "tweet", di Instagram kita kenal "caption", di facebook kita kenal dengan "status", dan di kompasiana kita bisa menulis artikelArtinya jika kita menggunakan  media sosial dan kompasiana, kita akan menulis sebuah ide menjadi kata, kata-kata menjadi kalimat dan kalimat-kalimat membentuk sebuah tulisan. Tulisan yang kita susun harus terdiri dari rangkaian kata-kata yang tepat sehingga dapat menghasilkan tulisan yang "enak" untuk di baca.

Permasalahannya, untuk dapat menghasilkan tulisan yang "enak" di baca memang sulit, terkadang apa yang menurut kita menarik belum tentu menarik untuk orang lain. Tulisan yang "enak" di baca harus memiliki daya pikat untuk pembacanya bukan sekedar sembarangan tulisan.

Tulisan yang menarik setidaknya dapat menggerakan orang untuk terus membaca artikel yang kita tulis dari awal sampai akhir, pembaca memahami apa yang kita maksud, dan mengundang pembaca untuk mengomentari tulisan kita. 

Untuk dapat menghasilkan tulisan yang "enak" untuk di baca ada sebuah teknik yang di sebut "Copywriting". Copywriting adalah teknik memilih kata-kata untuk menulis atau mempromosikan  seseorang, gagasan, perusahaan, produk, jasa atau lainnya agar orang yang membaca mau membeli atau melakukan sesuatu.

Pada kesempatan ini, kita akan coba belajar menulis di kompasiana dengan copywriting Ala "Amazon" yang saya baca dari twitter @alexgarcia_atx dan beberapa informasi dari Buku Jurus Sakti Copywriting di Twitter, Facebook dan Blog penulis Jubilee Enterprise. 

Siapa yang tidak kenal Amazon. Amazon adalah  perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Ada 7 tips Copywriting ala amazon ini yang bisa kita terapkan dalam membuat tulisan yang menarik.

1. Gunakan maksimal 30 kata atau kurang

Semakin sedikit kata yang kita gunakan dalam membuat kalimat copywriting, semakin baik hasil yang akan didapatkan. Kalimat copywriting yang kita buat harus fokus pada satu ide. Kalimatnya harus ringkas dan tidak bertele-tele sehingga komunikasi atau pesan yang ingin kita sampaikan akan lebih mudah diterima oleh pembaca. 

Jika ada beberapa ide yang ingin disampaikan, maka baiknya kita tetap membuat beberapa kalimat copywriting yang strukturnya tetap kurang dari 30 kata. Dengan menyampaikan informasi menjadi bagian-bagian kecil akan membuat pembaca lebih mudah memahami pesan yang ingin kita sampaikan.

Kuncinya adalah Digestible info = Retained info, Informasi yang mudah dicerna adalah informasi yang akan disimpan di memori otak kita.

2. Ganti kata sifat (Adjectives) dengan data

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN