Mohon tunggu...
Tegar Fitriyanto
Tegar Fitriyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa UNSIQ prodi Teknik Informatika

Sekedar hobi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Kabar Budaya Lokal Bangsa Indonesia?

15 Januari 2021   00:00 Diperbarui: 15 Januari 2021   00:19 13 0 0 Mohon Tunggu...

Apa kabar budaya lokal? Apakah kini baik-baik saja ?

Saat ini, perkembangan budaya globalisasi semakin meningkat dan hampir menguasai atmosfer kebudayaan lokal bangsa Indonesia. Tak sedikit kebudayaan-kebudayaan lokal yang menjadi ciri khas tersendiri bagi bangsa Indonesia harus tersingkir dan menyisakan cerita. Tidak adanya penyaringan budaya global di dalam gerbang bangsa menjadi salah satu faktornya. 

Ketertarikan masyarakat kepada budaya lokal telah menurun pada tingkat drastis. Hal ini disebabkan karena budaya asing dianggap sebagai sesuatu yang harus dimiliki dan lebih dikenal sebagai trend. Jadi, secara tak langsung  masyarakat rela melepas pakaiannya sendiri dan menggunakan pakaian milik orang lain. Karena pakaiannya dianggap tidak mampu menghangatkan tubuhnya saat keluar rumah di musim dingin. Padahal masih ada cara lain agar pakaian milik sendiri mampu beradaptasi, yaitu dengan penambahan atribut-atribut yang dibutuhkan.

Budaya lokal bangsa Indonesia memiliki peran penting dalam pengenalan identitas bangsa di mata dunia. Hapuslah air mata budaya bangsa dan buatlah dia kembali tertawa.

VIDEO PILIHAN