Mohon tunggu...
Gaya Hidup Pilihan

Sistem Pembayaran yang Aman untuk Belanja Online

24 Desember 2016   12:05 Diperbarui: 24 Desember 2016   12:16 314 0 1 Mohon Tunggu...

Kemajuan teknologi informasi satu dekade belakangan ini telah menumbuhkan ekonomi yang bergerak secara signifikan diberbagai bidang. Diantara faktor penggerak ekonomi tersebut ialah tingginya minat masyarakat untuk memiliki produk dan jasa melalui jaringan internet. Keunggulan jaringan internet yaitu dapat menghubungkan pemilik produk atau jasa kepada calon pembeli atau pengguna tanpa memerlukan pertemuan langsung melainkan menggunakan media elektronik yang memiliki koneksi internet. Hal ini lah menjadi bukti nyata bahwa teknologi interrnet diciptakan untuk mempermudah keperluan manusia.

Berdasarkan data pengguna internet Indonesia tahun 2016 sebanyak 132, 7 juta pengguna (sumber kompas). Data ini memberi gambaran kepada berbagai pihak bahwa data internet menjadi bagian penting untuk dipertimbangkan dalam strategi pemasaran barang dan jasa kedepan mengingat pertumbuhan pengguna internet dari hari ke hari terus meningkat. Para pengguna dapat dikategorikan kelompok pengguna biasa atau istilah yang sering disebut pengguna internet untuk kegiatan browsing mengumpulkan data dan informasi dan sekedar bersosialisasi di media internet melalui akun media sosial. Namun, yang banyak juga diminati yaitu kegiatan belanja online. Kegiatan ini merupakan metode untuk mendapatkan barang atau jasa dengan cara memesan melalui jaringan internet. Adapun cara yang dapat digunakan bisa melalui media sosial. Belanja melalui media sosial merupakan sarana belanja yang cukup sederhana dan menarik.

Selain menawarkan metode belanja yang menarik ada aspek yang sangat penting untuk diperhatikan baik oleh pihak penjual maupun pihak pembeli setelah terjadinya kesepakatan jual beli hal ini lah menjadi bagian penutup dari metode belanja yaitu metode pembayaran. Dari pembayaran pihak penjual menentukan pengiriman barang atau jasa namun perlu pula dicermati bahwa sistem pembayaran dalam jaringan internet rentan terjadinya penipuan, kesalahan, dan penyadapan. Oleh karena itu sekarang telah tersedia layanan pembayaran belanja online dari pihak ketiga.

Artinya pembeli dapat mendelegasikan mekanisme atau mewakilkan pembayaran dari pihak yang telah ditunjuk untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang telah dilakukan oleh pembeli. Penyedia layanan tersebut UANGKU. Uangku dapat melayani kebutuhan pembayaran Anda baik untuk keperluan pembayaran tagihan telepon, listrik, air, dan pembayaran belanja online seperti pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Caranya pun tidak rumit Anda hanya mengonfirmasikan kepada penjual bahwa metode pembayaran Anda akan menggunakan layanan UANGKU.

Layanan UANGKU merupakan sistem pembayaran rekening bersama (dana pembayaran disimpan terlebih dahulu oleh pihak ketiga) selanjutnya pihak ketiga akan memproses pembayaran oleh pembeli untuk diteruskan ke pihak penjual. Sistem pembayaran rekening bersama ini cukup aman mengingat beberapa fitur yang dijaminkan sebagai komponen keamanan dalam bertransaksi diantaranya kondisi kerusakan dalam jaringan kekhawatiran akan proses pembayaran sering kali menjadi faktor kurangnya peminat belanja online. Pada Belanja di Media Sosial dan UANGKU menawarkan beberapa standar keamanan bertransaksi yaitu, pertama UANGKU telah mendapat izin dari Bank Indonesia (BI) untuk menyelenggarakan transaksi elektronik sesuai ketentuan Undang-Undang yang berlaku.

Kedua, semua pengguna smartphone dengan operator selular prabayar atau pascabayar apapun dapat menggunakan UANGKU. Ketiga, Kebijakan Security dan Privacy dengan mengedepankan aspek keamanan pengguna yang tinggi berupa     jaminan bahwa saldo tetap aman walaupun perangkat elektronik telah hilang sebab data tersimpan pada server. Selain itu pula pada saat jaringan gangguan maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis. Artinya kita tidak ragu akan hilangnya saldo disebabkan oleh gangguan jaringan. Kita perlu melakukan transaksi ulang ketika jaringan telah normal kembali. Keempat, adanya fitur untuk mengganti kode akses untuk pengguna. Dalam kurun waktu tertentu para pengguna dapat mengganti PIN untuk memastikan kerahasiaan kode akses akun masing-masing. Sebagai tambahan pula bahwa websitenya telah menggunakan SSL. Dimana pengguna dijamin berada dalam halaman yang terenkripsi.

Memperhatikan fitur keamanan dan aspek hukum UANGKU saya merekomendasikan bahwa online shop terpercaya adalah payment request UANGKU. Untuk keperluan pendaftaran Anda dapat mengunjungi situs resmi UANGKU dengan URL : https://www.uangku.co.id.Sebagai catatan untuk pengguna bahwa setiap sistem masih memiliki celah untuk disalahgunakan oleh karena itu apabila Anda telah memiliki kode akses untuk sistem pembayaran kondisi kode akses harap disimpan pada tempat yang aman serta hindari mengirimkan kode ke sambungan yang tidak memiliki enkripsi data atau menulis kode akses pada buku harian atau kertas yang sering dilihat oleh banyak orang. Jika hal itu terjadi perlu disadari bahwa sistem tidak akan mampu mengatasi masalahan keamanan untuk lebih jauh seperti kasus-kasus yang telah saya sebutkan diatas.

Disamping itu pula keunggulan sistem UANGKU telah mengurangi beban waktu, tenaga, dan pikiran pada saat kita melakukan belanja mengingat kita hanya perlu memilih barang dan menentukan pilihan setelah itu selesai dan menunggu barang tiba di tempat kita. Urusan pembayaran akan diatur dan dilayani dengan maksimal oleh UANGKU. Permasalahan khawatir apakah benar atau adanya kesalahan dalam proses pembayaran juga tidak menjadi beban sebab sistem dirancang untuk memaksimalkan layanan agar benar-benar tingkat kepuasan pelanggan dicapai dengan mengedepankan sistem pembayaran yang aman dalam belanja online untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Penulis : Tedi Kurniawan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x