Mohon tunggu...
Teddy Nee
Teddy Nee Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Penutur multibahasa, penulis, pendidik, programer

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Apa Bahasa Dunia yang Paling Besar? Mandarin atau Inggris?

20 Oktober 2013   17:26 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:16 3340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inggris dan Mandarin

Bahasa Inggris dan Mandarin dari pengalaman pribadi Apa yang muncul dalam pikiran Anda ketika mendengar kata "bahasa Inggris"? Anda mungkin akan mengenalinya sebagai bahasa internasional. Apa yang akan Anda pikirkan tentang "bahasa Mandarin"? Apakah ia adalah bahasa internasional kedua? [caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Inggris dan Mandarin"][/caption] Bahasa Internasional Penutur bahasa Mandarin adalah yang terbesar di dunia, diikuti oleh penutur bahasa Inggris. Walaupun demikian, banyak sumber di Internet memakai bahasa Inggris sebagai bahasa konten. W3Techs mengadakan sebuah penelitian dan menunjukkan bahwa lebih dari 55% dari website menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, sekitar setengah dari jurnal penelitian menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga telah menjadi bahasa asing yang paling banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan internasional -- konferensi, pertemuan bisnis, dll. Jumlah penutur bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah menembus angka 700 juta orang. Bahasa Inggris dan Mandarin menduduki 2 urutan teratas dalam bahasa internasional -- paling banyak penutur bahasa dan paling banyak dipakai. Pentingnya bahasa Inggris dan populernya bahasa Mandarin akhir-akhir ini telah membuat dua bahasa tersebut bahasa asing yang paling banyak diminati. Keuntungan dari Bahasa Inggris dan Mandarin Saya datang ke Taiwan untuk melanjutkan studi pada Applied Computing (Komputerisasi Terapan) di program internasional di Ming Chuan University pada tahun 2008. Setelah lulus pada tahun 2012, saya mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi IMBA di program internasional di National Taipei University of Technology di Taiwan. Dalam kesempatan tersebut, saya menyadari bahwa murid-murid mancanegara menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Tetapi, murid-murid dari Tiongkok dan keturunan Tionghoa memakai bahasa Mandarin terhadap sesama, walaupun bahasa Mandarin mungkin merupakan bahasa asing mereka. Kebanyakkan dari mereka berasal dari Malaysia, Indonesia, Hong Kong, dan Macau. Dengan demikian, Anda dapat bergaul dengan orang dari latar belakang yang berbeda jika Anda berbahasa Inggris dan Mandarin. Pengertian terhadap budaya juga sangatlah penting karena hal tersebut menyempurnakan sikap Anda dalam pergaulan. Selanjutnya, terdapat banyak perusahaan yang menjadikan bahasa Inggris dan/atau Mandarin sebagai salah satu dari persyaratan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang bahasa tersebut tentunya membuat pencari kerja, termasuk saya, menjadi lebih kompetitif dalam pasar kerja. Pengalaman Pembelajaran Pribadi Saya telah mempelajari bahasa Inggris selama lebih dari 10 tahun di sekolah, sama halnya dengan murid-murid di seluruh dunia. Saya sangat senang membaca dan membaca adalah salah satu cara saya dalam pembelajaran bahasa. Satu dari sekian banyak majalah bahasa Inggris kesukaan saya ketika saya masih bersekolah adalah Reader's Digest. Reader's Digest mengusung tema yang bervariasi, termasuk humor dan permainan. Bahasa Mandarin memiliki kesamaan dengan bahasa Minnan yang saya kenal sebagai salah satu dari bahasa ibu saya. Oleh karena itu, berbicara dalam bahasa Mandarin lebih mudah daripada menulis atau membaca. Bahasa Mandarin juga merupakan mata pelajaran bahasa asing wajib di sekolah sejak saya bersekolah di tingkat SMP. Saya juga mengikuti kursus bahasa Mandarin musim panas di National Taiwan Normal University pada tahun 2011. Anda dapat menemukan banyak materi tentang Mandarin yang disederhanakan (Tiongkok) dan Mandarin tradisional (Taiwan) di internet. Selain menggunakan materi yang saya temukan di internet, saya juga berlatih dengan membaca artikel dalam website. Penutupan Penutur bahasa Inggris dan Mandarin tentunya memperoleh keuntungan yang besar. Kesulitan dan kemudahan dalam pembelajaran bergantung pada latar belakang bahasa dari pembelajar tersebut. Disiplin terhadap jadwal pembelajaran dan komitmen untuk mempelajari bahasa adalah dua prinsip saya yang paling penting dalam pembelajaran bahasa. Diterjemahkan dari What's the bigger world language - Mandarin Chinese or English?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun