Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Pencinta Damai
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Keseriusan Airlangga Hartarto dalam Menyukseskan WJWC VIII 2022

7 November 2022   11:00 Diperbarui: 7 November 2022   11:06 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Wushu Indonesia sedang berlatih di GBK Arena, Senayan. (Foto: PB WI).

PENGURUS Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto sangat serius dalam menghadapi Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, 5-11 Desember 2022. Ketua Umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian ini tidak sekadar mengharapkan sukses penyelenggaraan. Timnas Wushu Indonesia juga diamanahkan mencapai sukses prestasi, yakni meraih 4 medali emas dari keseluruhan medali yang diperebutkan di nomor taolu dan sanda tersebut.

Sejauh ini, 23 hari menjelang kompetisi di antara atlet-atlet yang maksimal berusia 18 tahun itu resmi dimulai, PB WI sebagai tuan rumah boleh berbangga karena partisipan event ini dipastikan melampaui target. Pasalnya, data yang diterima dari Federasi Wushu Internasional (IWUF) di China menunjukkan, sudah tercatat 72 negara yang mendaftar.

Luar biasa! Lihat, dari tujuh kejuaraan dunia (World Junior Wushu Championship/WJWC) sebelumnya, maksimal hanya atlet dari 46 negara yang mendaftar. Maka, dengan 72 negara yang sudah mendaftar, bisa dibayangkan berapa jumlah atlet, ofisial, dan juri yang akan menyemarakkan WJWC ke-8 nanti.

"Kita belum bisa memastikan berapa jumlah atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 nanti. Dari data yang diterima dari IWUF sementara baru menyebutkan sudah tercatat 72 negara yang mendaftar," ujar Direktur Eksekutif WJWC VIII, Gunawan Tjokro, Minggu (6/11/2022) kepada media.

Dengan demikian, sudah dipastikan adanya pemecahan dua rekor pada WJWC VIII ini. Pertama, terkait jumlah negara peserta, dan yang kedua jumlah atlet yang berkompetisi.

Airlangga Hartarto dan jajaran pengurus PB WI sudah boleh berbangga dengan pemecahan dua rekor tersebut. Ini menjadi Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang terbesar. Apalagi, China--sebagai negara asal wushu--juga memastikan hadir. Demikian juga dengan negara-negara yang dikenal kuat prestasinya, seperti AS, Rusia, dan sejumlah negara Asia lainnya.

Airlangga Hartarto dan jajaran PB WI benar-benar mempersiapkan gelaran WJWC VIII ini dengan serius. Airlangga tak hanya menghendaki WJWC VIII sukses dari segi penyelenggaraan, akan tetapi juga sukses dari segi prestasi.

Khusus untuk mencapai target 4 medali emas pada WJWC VIII ini PB WI membentuk Tim Satgas (Satuan Tugas) yang beranggotakan 3 personil. Yakni, Herman Wijaya (Kabid Binpres Taolu PB WI), Sudarsono (Kabid Binpres Sanda PB WI), dan Henny Setyowati (PB WI).

Ada tiga tuhas pokok Tim Satgas ini. Pertama, untuk memastikan program pelatnas junior berjalan dengan baik. Kedua, memastikan seluruh kebutuhan atlet pelatnas terpenuhi baik itu peralatan latihan maupun pertandingan. Dan ketiga, merupakan tugas yang paling berat, yakni memastikan atlet pelatnas yang terpilih memperkuat Timnas Wushu Junior bisa menghasilkan medali.

Seperti diketahui, dari total 49 atlet yang menjalani pelatnas sejak dua bulan silam, yang terdiri dari 33 atlet taolu dan 16 sanda, hanya 23 atlet (12 atlet taolu dan 11 atlet sanda) yang ditetapkan masuk dalam Tim Nasional Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun