Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Pencinta Damai

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Duka Mendalam Airlangga atas Tragedi Kanjuruhan

3 Oktober 2022   12:26 Diperbarui: 3 Oktober 2022   12:34 90 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Airlangga Hartarto sampaikan duka mendalam atas Tragedi Kanjuruhan. (Foto: Menko Perekonomian).

TRAGEDI Kanjuruhan, tragedi sepak bola dunia, tidak hanya untuk Indonesia. Sebanyak 125 korban jiwa yang melayang sia-sia, di samping 323 yang luka berat dan ringan, sungguh sangat tidak sepadan dengan pertandingan sepak bola itu sendiri. Satu nyawa pun tidak sepadan untuk sepak bola. Semua menyesalkan. Pun Airlangga Hartarto, pencinta fanatik olahraga yang mengetuai kepengurusan Wushu Indonesia. Ia menyampaikan duka mendalam atas tragedi yang terjadi seusai pertandingan kompetisi Liga I antara tuan rumah Arema dengan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam itu.

Tragedi dalam laga lanjutan kompetisi sepak bola BRI Liga 1 tersebut menjadi catatan paling buruk dalam sejarah sepak bola nasional. Airlangga Hartarto, ketua umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian, secara spontan menyampaikan penyesalan dan duka mendalamnya.

"Saya sampaikan duka mendalam untuk seluruh insan sepakbola nasional, dan masyarakat Indonesia atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. Sepakbola sedianya hiburan untuk dinikmati, jangan sampai menjadi tragedi kemanusiaan," tutur Airlangga Hartarto, seperti dikutip media pada Minggu (2/10).

Airlangga Hartarto meminta seluruh pihak berwajib mengusut tuntas tragedi yang mengakibatkan duka mendalam untuk insan sepak bola nasional dan dunia. Terlebih pada prosedur keamanan dan keselamatan penonton sepak bola di stadion.

Airlangga Hartarto juga meminta seluruh pihak dalam pelaksanaan pertandingan bertanggung jawab penuh pada kondisi dan dampak yang terjadi akibat kerusuhan ini.

Tidak boleh ada saling menyalahkan, yang ada harus bersikap ksatria, merasa diri yang paling salah, agar tragedi seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya di sepakbola nasional kita, tegas Airlangga Hartarto dalam siaran persnya seperti dikutip media.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengimbau, seluruh suporter bola di Indonesia bisa bergandengan tangan, dan satu tekad untuk memajukan sepak bola nasional. Jangan sampai pertandingan di dalam lapangan, menjadi kebencian sesama suporter, imbaunya lagi.

Seperti dikutip media, Airlangga Hartarto juga menginstruksikan kader Golkar di Malang maupun Jawa Timur, bergerak untuk membantu seluruh korban kerusuhan.

"Saya instruksikan kader Golkar di Malang, sekitarnya, dan Jatim, siap bergerak membantu para korban. Bantu apa yang bisa dibantu, yang penting tunjukkan kepedulian sebagai sesama manusia, karena kejadian di Stadion Kanjuruhan adalah tragedi sepak bola dunia," tegas Airlangga, seperti dikutip media.

Menindaklanjuti arahan Airlangga Hartarto dan ketua Golkar Jawa Timur M.Sarmuji, SE, M.Si, Golkar Surabaya membuka donasi untuk membantu korban tragedi Stadion Kanjuruhan. Menurut keterangan, donasi baru dibuka beberapa jam, dana yang terkumpul sudah melebihi Rp300 juta. Donasi Golkar Surabaya ini dibuka hingga 9 Oktober mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan