Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Pencinta Damai

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Suntikan Motivasi dari Edgar Dkk untuk Juniornya

29 September 2022   12:06 Diperbarui: 29 September 2022   12:10 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Penyambutan Edgar Xavier Marvelo dkk. (Foto: PB WI).

JAJARAN pengurus teras Wushu Indonesia menyambut kedatangan Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan dari World University Sport Combat Games 2022, Rabu (28/9/2022) malam di bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Sukacita dan kebanggaan membaur menjadi satu. Edgar dkk senang dan bangga, jajaran Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) juga bangga dan puas. Edgar dkk tentunya terbangun dari tidurnya Kamis (29/9) pagi ini dengan perasaan lebih lapang. Apalagi, bonus juga sudah menanti. Namun, mereka tetap tidak boleh terus berpuas diri. Tantangan pencapaian prestasi di depan masih banyak.

Sebagaimana diketahui, Timnas Wushu Indonesia sukses meraih 5 emas dan 3 perak pada penampilannya di ajang World University Sport Combat Games 2022 yang digelar di Samsun, Turki, 21-26 September 2022. Tadi malam, Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan diingatkan tidak cepat puas dan diminta terus meningkatkan prestasinya dalam upaya persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar pada tahun 2023.

Wakil Ketua Umum PB WI, Setyo Wasisto, Sekjen Ngatino, serta Wakil Bendahara Umum Gunawan Tjokro dan Kabid Luar Negeri Karan Sukarno Walia, menyambut kedatangan 9 atlet dan para ofisial yang tiba dari Samsun, Turki, itu.

Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto, berhalangan hadir. Ketua Umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian itu saat bersamaaan menghadiri penganugerahan Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional untuk kategori ekonomi, korporasi dan kesehatan bersama 30 tokoh lainnya.

Meski tidak hadir di bandara, namun pujian dan apresiasi Airlangga Hartarto atas penampilan gemilang 9 atletnya di World University Sport Combat Games 2022 disampaikan oleh Sekjen PB WI, Ngatino.

Ngatino juga meminta Edgar Xavier Marvelo dkk tidak lantas puas dengan dengan hasil yang dicapai di World University Sport Combat Games 2022. Rasa puas hanya akan menumbuhkan kelengahan. Terus tingkatkan prestasi untuk bisa mencapai hasil maksimal dalam menghadapi persaingan ketat di SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar tahun 2023, itu antara lain yang disampaikan Ngatino, sebagaimana dikutup media.

Mengingatkan kembali, Wushu termasuk dalam cabang olahraga unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diharapkan mampu meraih prestasi di kancah dunia. PB WI pimpinan Airlangga Hartarto terus melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Bayangkan karenannya jika sekembali dari Turki ini Edgar dan kawan-kawan hanya istirahat sehari saja. Mereka harus kembali bergabung ke pelatnas wushu menjalani program pelatihan jangka panjang.

Sebagaimana ramai diberitakan sebelumnya, Timnas Wushu Indonesia yang terdiri dari 9 atlet dengan rincian 4 atlet dari disiplin taolu dan lima sanda, membawa
pulang 5 emas dan 3 perak dari World University Sport Combat Games 2022 di Samsun, Turki, itu. Medali emas disumbangkan Alisyah Mellynar, Edgard Xavier Marvelo dan Seraf Naro (taolu), Laksamana Pandu Pratama dan Tharisa (sanda). Medali perak direbut Eugina Diva Widodo, Nandhira Mauriska (taolu), dan Thania (sanda).

Edgar, yang paling sering diterjunkan ke berbagai event internasional, mengakui penampilannya di Turki untuk melihat peta kekuatan lawan yang akan dihadapi di SEA Games 2023 Kamboja maupun Asian Games 2022 Hangzhou. Juara dunia disilin taolu itu menyebut kalau negara ASEAN Asia lainnya juga memanfaatkan World University Sport Combat Games 2022 sebagai ajang try-out.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan