Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan senior

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Permalukan Tuan Rumah Jatim, Tim Wushu DKI Jakarta Rebut Piala Presiden

22 September 2022   14:30 Diperbarui: 22 September 2022   14:36 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketua Umum Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto saat memberikan piala kepada pemenang di Kejurnas Piala Presiden. (Foto: Dis'way)

ATLET-atlet wushu DKI Jakarta tampil gemilang untuk membawa pulang Piala Presiden Joko Widodo yang diperebutkan pada Kejuaraan Nasional Wushu 2022 di Surabaya, Jatim. Dari persaingan ketat yang tersaji sejak Minggu (18/9/2022) di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan berakhir Kamis (22/9) malam ini, tim wushu DKI Jakarta mengungguli tim tuan rumah sekaligus juara bertahan Jatim.

Perolehan medali emas tim wushu DKI Jakarta sudah tidak terkejar lagi oleh Jatim. Pada dua kejurnas sebelumnya, 2018 dan 2019, tim wushu DKI Jakarta terus menjadi runner-up. Di kejurnas 2021 tim wushu DKI Jakarta tertinggal 4 medali emas dari Jatim. Tahun ini tim wushu DKI Jakarta sukses membalikkan keadaan, dan merebut Piala Presiden. Kejurnas  2020 dan 2021 ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Atlet-atlet wushu terbaik DKI Jakarta sukses meredam ambisi Jatim yang sejak awal bertekad mempertahankan dominasi mereka di Piala Presiden. Seandainya atlet-atlet Jatim mampu mengoleksi medali terbanyak otomatis Piala Presiden tinggal selamanya di Surabaya.

Keberhasilan atlet-atlet DKI Jakarta merebut medali terbanyak tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pengurus di Pengprov Wushu Indonesia (WI) DKI Jakarta serta peranan para pembina dan pelatihnya. Atlet-atlet senior dan junior DKI Jakarta yang diterjunkan di Piala Presiden sebelumnya menuai prestasi di Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open 2022, yang digelar 24-28 Agustus 2022 di ByWalk Mall, Pluit, Jakarta Utara.

Jakarta Open 2022 tersebut memang digelar dalam rangka menjaring atlet-atlet junior terbaik di Ibu Kota yang diterjunkan pada Kejurnas Wushu Junior dan Senior 2022 Piala Presiden di Surabaya ini. Dari penuturan Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro, tim wushu DKI Jakarta sejak awal mencanangkan target juara umum kejurnas dan merebut Piala Presiden.

Bagian penting dari Jakarta Open 2022 dan Kejurnas Piala Presiden adalah, bagaimana senior dan junior Taolu DKI Jakarta bisa turun bertanding. Hal itu menjadi pemanasan yang bagus sebelum mereka bertanding di Kejuaraan Dunia Wushu Junior pada 2-11 Desember 2022 mendatang di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Pencapaian target tim wushu DKI Jakarta di Kejurnas Piala Presiden 2022 ditopang penampilan baik dari mayoritas 80 atlet senior dan junior yang diterjunkan di nomor Taolu dan Sanda, serta 4 atlet di nomor Wingchun. Para atlet yang sejak awal diproyeksikan merebut medali emas tampil sesuai harapan. Dari keterangan Sekretaris Umum Pengprov WI DKI Jakarta, Herman Wijaya, para atlet DKI Jakarta terus berlatih keras seusai Jakarta Open.

Herman Wijaya secara khusus mengurai pujiannya kepada beberapa atlet terbaiknya yang tampil konsisten sejak dari Jakarta Open hingga Kejurnas Piala Presiden. 

Di antaranya, Agni Agustine Dimoni, peraih 5 emas dan 4 perak di Jakarta Open 2022, serta Jeffersen Chen yang meraih 2 emas (Jian Shu dan Qiang Shu B Putra), dan Joshua Nathanael yang merebut 1 emas Taolu, 2 perak Nan Dao dan Nan Gun serta 3 medali emas dari Ngochokun (Wuzuquan Ngo Ho Cien, Wuzuquan Sam Chien dan Wuzuquan Ji Sip Kuen).

Posisi Jatim sebagai pemegang Piala Presiden sudah terancam sejak persaingan hari keempat kejurnas, Rabu (21/9), di mana tim wushu DKI Jakarta kokoh memimpin klasemen perolehan medali dengan mengoleksi 28 emas, 16 perak, dan 17 perunggu. 

Pada Rabu malam itu tim  wushu Jatim tergeser ke posisi kedua dalam perolehan medali dengan koleksi 25 emas, 24 perak, dan 25 perunggu. Tim wushu DKI dan Jatim sama-sama menambah perolehan 7 medali emas dari Taolu, sedangkan Jabar dan Bali masing-masing mendapat satu medali emas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan