Mohon tunggu...
Tazkiya nafisa
Tazkiya nafisa Mohon Tunggu... Lainnya - 18yo, indo

still need to learn more abt writing, just comment down below if u have any critics

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Fresh Graduate Susah Cari Kerja? Ikuti Tips Jitu Berikut Ini!

17 November 2020   02:15 Diperbarui: 19 November 2020   16:20 34 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fresh Graduate Susah Cari Kerja? Ikuti Tips Jitu Berikut Ini!
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sudah tidak asing lagi jika mendengar bahwa banyak lulusan sarjana berujung menjadi pengangguran. Sebenarnya banyak lowongan pekerjaan yang diunggah di website, namun pada umumnya perusahaan mencantumkan persyaratan harus memiliki pengalaman kerja dibidangnya.

Hal inilah yang menjadi penghambat awal bagi fresh graduate sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan, karena sudah merasa tidak percaya diri sebelum bertarung untuk bersaing dalam memperebutkan posisi.

Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dalam memperbanyak keahlian sebelum mengakhiri masa belajarnya di kampus sehingga dapat digunakan untuk menyiasati hambatan-hambatan yang akan di hadapi setelah lulus nanti.

Dilansir dari Inews.id, jumlah pengangguran di Indonesia yang merupakan lulusan dari universitas berjumlah 737.000 orang, yang mana merupakan 5.67% dari total angkatan kerja. Tak hanya itu, BPS mencatat bahwa jumlah pengangguran oleh lulusan D-III juga masi sangat tinggi yakni 5,99% dari total angkatan kerja lulusan D-III.

Dikatakan bahwa pengangguran itu terjadi karena bertambahnya angkatan kerja secara pesat yang tidak dapat terserap seluruhnya oleh lapangan pekerjaan yang tersedia di Indonesia. Jumlah sumber daya manusia yang siap kerja akan bertambah setiap tahunnya, menandakan bahwa pengangguran akan semakin menjamur yang tentunya para fresh-graduate tidak ingin menjadi salah satunya bukan?

Hal inilah yang seharusnya menjadi motivasi bagi para fresh graduate untuk terus berinovasi dan meningkatkan spesifikasi diri agar dapat bersaing di dunia kerja yang memiliki persaingan ketat. Berikut akan dibahas apa saja yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa agar kelak mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh fresh graduate dalam mencari kerja adalah mengenali potensi diri terlebih dahulu. Penting bagi calon pelamar untuk paham tentang posisi yang ia lamar. Akan lebih mudah bagi para fresh graduate untuk mengetahui passion mereka sebelum memutuskan untuk melamar posisi di suatu perusahaan.

Jika sudah mengetahui dan yakin atas potensi diri, maka muncul kepercayaan diri untuk melamar posisi sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Dilansir dari liputan6.com kesan pertama pada saat datang untuk melakukan wawancara sangatlah penting.

Pelamar kerja yang memiliki sikap yang percaya diri akan sangat mudah dalam membentuk kesan pertama yang bagus bagi pewawancara. Inilah mengapa mengenali potensi diri itu penting agar dapat membangun kepercayaan diri dan dapat dengan mudah meyakinkan dan membangun kepercayaan orang lain.

Berikutnya, yang harus dilakukan adalah meningkatkan soft skills. Selain membaca buku yang terkait, kini tersedia platform online yang menawarkan pelatihan gratis. Bahkan ada yang memberikan sertifikat sebagai tanda telah menguasai keahlian tertentu.

Selain itu, aktif berorganisasi juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan serta bisa membangun relasi. Cara lain utuk meningkatkan soft skills adalah dengan memanfaatkan masa liburan perkuliahan, yaitu dengan magang di perusahaan yang sesuai dengan jurusan kuliah masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan