Mohon tunggu...
Tazkia Raissa Widyadana
Tazkia Raissa Widyadana Mohon Tunggu... Murid SMAN 28 Jakarta

Murid SMAN 28 Jakarta, kelas XI MIPA 3, dan absen kelas nomor 33.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

9 Cara Mudah Mengurangi Penggunaan Plastik

1 Agustus 2020   07:39 Diperbarui: 1 Agustus 2020   19:12 103 4 0 Mohon Tunggu...

Selama masa Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah penggunaan sampah plastik di Indonesia kian meningkat. Beberapa daerah sudah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai, namun aturan tersebut tidak akan cukup untuk menekan angka penggunaan plastik di Indonesia.

Banyak sampah-sampah plastik yang tidak terurus sebagaimana mestinya dan akhirnya mencemari ekosistem kita. Sampah yang tidak terurus berakhir di sungai dan di laut lalu membunuh hewan-hewan yang berada di sana. 

Sampah plastik memiliki waktu terurai yang lama, sehingga akan terus mencemari lingkungan kita dalam jangka waktu yang panjang. Kita harus mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka penggunaan plastik di lingkungan. Tanpa usaha dari kita, maka upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah akan sia-sia.

Berikut adalah cara-cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik :

1. Selalu Bawa Tas Belanja

Membawa tas belanja sendiri dapat mengurangi jumlah sampah plastik di dunia secara signifikan. Sekarang sudah ada banyak toko yang menjual tas belanja dengan harga yang murah.

Jangan takut untuk menolak menggunakan kantong plastik sekali pakai di pasar swalayan.

2. Gunakan Botol Minum

Daripada membeli air mineral dalam botol plastik, lebih baik kita membawa tempat minum sendiri. Kita akan menghemat uang sekaligus menyelamatkan bumi kita.

Selain itu, kita juga bisa memakai botol minum kita untuk membawa pergi minuman yang kita beli di restoran. Langkah mudah ini dapat membantu lingkungan kita.

3. Jangan Gunakan Alat Makan Plastik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN