Mohon tunggu...
Tazkia Dzi
Tazkia Dzi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Sosial dalam Bidang Pendidikan di Masa Pandemi

29 Desember 2020   12:47 Diperbarui: 29 Desember 2020   13:09 225 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Sosial dalam Bidang Pendidikan di Masa Pandemi
Media Sosial dalam Bidang Pendidikan di Masa Pandemi. (Sumber: Kumparan)

Oleh: Tazkia Dzi Arofatil Urfia

DPL: Fajar Nugraha Asyahidda, M. Pd.

Sejak adanya pandemi Covid-19, banyak sekolah yang terdampak sehingga membuat banyak sekolah yang harus menghentikan kegiatan belajar-mengajarnya secara tatap muka karena khawatir bisa memperluas penyebaran Covid-19. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi untuk mengurangi kontak pada tiap orang secara masif. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi pembelajaran sehingga tercapai proses pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tujuan. Hal ini membuat banyak sekolah harus mencari alternatif media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya agar para pelaku pendidikan seperti pendidik dan peserta didik tetap bisa menyelenggarakan belajar mengajar meskipun dengan cara yang berbeda. Kemendikbud menetapkan peraturan bahwa pendidikan di Indonesia tetap diselenggarakan, namun dengan sistem yang berbeda yaitu Study From Home (SFH). Kemendikbud mendorong pelaksanaan proses belajar mengajar dilakukan dengan secara daring.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud RI nomor 3 tahun 2020 mengenai pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada satuan Pendidikan, dan Surat Sekjen Mendikbud nomor 35492/A.A5/ HK/ 2020 tanggal 12 Maret 2020 perihal Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, tentunya media sosial berperan penting sebagai salah satu media yang digunakan untuk berinteraksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu, media sosial juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar tetap dapat terlaksana meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung.

Terdapat banyak macam media sosial yang digunakan oleh para pendidik sebagai platform dalam pembelajaran daring, di antaranya adalah Youtube, Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook dan yang lainnya. Pemanfaatan media sosial sebagai media baru dalam bidang pendidikan juga semakin didukung oleh penggunaan media sosial yang semakin berkembang pesat.

Banyak manfaat yang didapat dari penggunaan media sosial dalam pembelajaran. Selain mempermudah proses kegiatan belajar mengajar, siswa juga dilatih untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan karyanya melalui media sosial. Dengan menggunakan media sosial dalam pembelajaran juga para peserta didik dapat memanfaatkan kemudahan dalam memperoleh informasi. Tentunya manfaat dari penggunaan media sosial dapat dikembangkan semaksimal mungkin, namun harus tetap ada kontrol dalam penggunaannya. hal ini agar mencegah adanya kesalahan dalam memperoleh informasi.

VIDEO PILIHAN