Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pahami 3 Keinginan Pelanggan dan Konsekuensinya

13 Januari 2022   09:11 Diperbarui: 13 Januari 2022   09:20 288 40 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pahami setiap konsekuensi dari keinginan pelanggan (stpbogor.ac.id)

Setiap kita adalah pelanggan. Bahkan meskipun kita adalah pengusaha dan sering melayani pelanggan, pasti kita juga akan menjadi pelanggan di bidang yang lain dan seterusnya. 

Lalu pertanyaannya, pernahkah kita bertanya produk seperti apa yang diharapkan para (calon) pelanggan itu atau bahkan yang kita sendiri inginkan? Tentu banyak di antara kita yang sering bertanya dan bisa jadi beberapa sudah menemukan jawabannya.

Secara umum, ada 3 keinginan terbesar pelanggan terhadap produk atau jasa atau apapun yang diinginkannya. Mari kita lihat lebih dekat (markililede).

1. Bagus dan Murah

Ini adalah keingin setiap pelanggan untuk produk apapun yang diinginkannya. Produknya harus bagus, jasa yang diberikan harus berkualitas dan seterusnya. Tidak cukup sampai di sana, hampir setiap kita pasti mengharapkan di saat yang sama juga dapat harga yang murah. Singkatnya, kita ingin bagus produknya, murah pula harganya.

Lalu pertanyaannya, adakah produk/jasa seperti ini? Jawabnya tentu ada. Tapi harap diingat kalau hal ini ada konsekuensinya. Kalau kita ingin minta suatu produk yang bagus dan harganya murah, jangan pernah kita harapkan waktu pengerjaannya cepat. 

Pernah, teman saya minta dicetakkan kartu undangan yang bagus dan murah untuk pesta pernikahannya. Ketika dia minta harus diselesaikan dalam waktu 2 minggu, harga yang diberikan berbeda (lebih mahal) dengan jika diselesaikan dalam waktu 1 bulan dengan kualitas yang sama. Jadi, jangan pernah minta cepat kalau kita ingin hasilnya bagus dan harganya murah.

2. Murah dan Cepat

Ini adalah jenis keinginan pelanggan selanjutnya. Ia ingin suatu barang harganya murah dan cepat pula diselesaikan. Jika contoh teman saya tadi, maka kartu undangannya agar dicetak dengan harga murah dan cepat pula selesainya.

Lalu apa konsekuensinya? untuk hal ini, konsekuensi yang harus kita tanggung adalah jangan pernah kita berharap kualitasnya bagus. Ya, itu adalah konsekuensi dari sebuah produk atau layanan yang kita harapkan murah dan cepat. 

Lalu kalau ada yang tetap mendapat kualitas yang bagus dengan harga yang murah dan cepat, maka bisa jadi Anda orang yang beruntung. Atau bisa jadi sedang ada penawaran khusus dan lain sebagainya. Dalam kondisi normal dan ideal, untuk suatu yang murah dan ingin cepat, maka jangan terlalu berharap kalau kualitas yang kita dapatkan akan bagus.

3. Cepat dan Bagus

Ini adalah keinginan umum berikutnya dari pelanggan. Siapa orang yang tidak mau barang/produk/jasa yang bagus dan cepat pula pelayanannya? Lihatlah maskapai penerbangan di Indonesia saja misalnya. Ada yang menyapa tamunya dengan penuh senyuman dan keramahan. Ada yang agak ramah. Ada yang senyum tapi datar dan seterusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan