Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Waktu dan Cara Memanfaatkannya

19 Agustus 2021   21:19 Diperbarui: 19 Agustus 2021   21:24 206 37 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gunakan waktu dengan bijak (rohmadi.info)

Sebait pesan masuk ke HP saya beberapa waktu yang lalu dari seorang teman. Intinya, dia merasa ngos-ngosan seperti dikejar waktu setiap hari. Dia merasa ada yang salah dengan aktivitas pemanfaatan waktunya. Ya, intinya begitu, karena cukup panjang kalau diurai isi percakapan kami.

Saya yakin teman saya tadi tidak sendiri. Banyak dari kita, yang bahkan meskipun sudah ikut kelas time management, tetap merasa kesulitan mengatur waktu. Mungkin di awal-awal setelah pelatihan, banyak orang yang mampu mengatur waktunya. Tapi seiring berjalan waktu, semua kembali menjadi seperti biasa. Minimal itu pengakuan seorang teman yang pernah lebih dari sekali ikut kelas time management.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara ideal memanfaatkan waktu? Mudahnya begini. Ideal bagi seseorang belum tentu ideal bagi orang lain. Singkatnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi cara seseorang memanfaatkan waktu.

Tapi, jika kita lihat secara umum, maka pola ini bisa coba Anda praktikkan dalam memanfaatkan waktu setiap hari. Harapannya, Anda bisa lebih produktif memanfaatkan setiap menit dari waktu Anda. Markililede (mari kita lihat lebih dekat).

Jam 5-9 Pagi

Selalu mulai pagi dengan ibadah harian Anda. Ini bukti kalau Anda bergantung pada kekuatan yang maha besar. Mengawali waktu dengan beribadah seringkali menumbuhkan semangat Anda untuk mengarungi hidup ini dengan menjadi pribadi sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk mengucap syukur karena Anda diberi 1 hari lagi kesempatan hidup dan berkarya di bumi ini. Jangan sia-siakan itu. Setelahnya, Anda boleh mulai merancang strategi harian Anda. Merancang di hari sebelumnya itu baik. Tapi menyempurnakan atau bahkan merancang ulang di pagi hari yang sama itu juga cukup baik.

Lalu? Jangan lupa berolahraga di periode waktu ini. Tidak perlu berat, tapi pastikan ada peregangan otot Anda. Beberapa penelitian bahkan membuktikan kalau tubuh yang bugar sering kali menghasilkan semangat dan ide-ide yang brilian.

Anda juga perlu sarapan di periode ini. Sarapan konon bisa membuat Anda lebih produktif di hari itu dibanding tidak sarapan. Mandi dan membersihkan diri tentu saja adalah bagian selanjutnya yang harus Anda lakukan, meskipun Anda bekerja dari mana saja.

Jam 9-5 Sore

Ini waktu Anda bekerja, bertemu klien, membuat rencana bisnis, membuat penawaran, bernegosiasi, melayani nasabah dan lain sebagainya. Pastikan jam produktif ini tidak terganggu dengan aktivitas nonproduktif lainnya. Istirahat (dan ibadah) siang juga penting Anda selipkan ditengah-tengahnya.

Jika Anda harus membalas email, dan saya juga begitu, maka pastikan sediakan waktu khusus untuk membalas semua email Anda itu. Ya, waktu khusus hanya untuk membalas email yang masuk dan butuh balasan. Selebihnya, Anda bisa menundanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan