Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Kita (Terlalu) Sibuk Berkompetisi, hingga Lupa Berkolaborasi

24 Januari 2021   07:07 Diperbarui: 25 Januari 2021   15:57 498 96 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita (Terlalu) Sibuk Berkompetisi, hingga Lupa Berkolaborasi
Jangan terlalu sibuk berkompetisi hingga melupakan kolaborasi (pxhere.com)

"Dengan Superman (individu) kita bisa memenangkan pertandingan, Tapi dengan Superteam (kolaborasi) kita bisa memenangkan kejuaraan" (Michael Jordan)

Cristiano Ronaldo memang salah satu pesepakbola terbaik dunia yang bisa membuat perbedaan dalam pertandingan. Tapi pernahkan Anda melihat dia buntu? pernahkan Anda melihat dia diisolasi oleh lawan hingga tidak bisa berbuat apa-apa? lalu bagaimana kalau sebuah tim itu hanya mengandalkan seorang individu?

Ya, persis seperti kata Michael Jordan di atas, individu bisa saja memenangkan sebuah pertandingan, tapi nyaris mustahil bisa memenangkan sebuah kejuaraan yang di dalamnya banyak pertandingan.

Dalam sebuah sesi pelatihan, ketika saya sedang sharing tentang "Vitamin C" dalam mengarungi kehidupan ini, tiba-tiba ada seorang peserta bertanya.

"Pak, bagaimana caranya agar apa yang sedang kita usahakan bisa cepat berhasil dan mengalahkan kompetitor lain..?"

Saya terdiam sejenak. Satu ruangan seperti menatap si bapak dengan sedikit aneh. Tapi saya langsung saja meyakinkan beliau dan merespon kalau pembahasan kita kali ini (Vitamin C) memang merupakan bagian untuk menjawab pertanyaan bapak itu.

Tapi jika Anda cermati, ada yang menarik dari pertanyaan bapak itu. Dan mungkin, pikiran itu juga merupakan perwakilan dari jutaan pikiran masyarakat kita yang ingin sukses secara individu, tapi melupakan sukses secara kolektif.

Mari kita lihat lebih dekat.

Kita Sering Fokus ke Kompetisi, Hingga Lupa Kolaborasi

Coba Anda cermati lagi pertanyaan bapak tadi. Dia lebih ingin jika usahanya cepat sukses dan mengalahkan kompetitor lain, apakah ini tujuan dari membangun sebuah bisnis? Jika iya, maka selamat. Anda akan sibuk sepanjang waktu untuk terus memikirkan bagaimana caranya mengalahkan kompetitor itu.

Padahal, di saat yang sama, bisa jadi para kompetitor Anda itu (yang sudah meneliti dan belajar ilmu kolaborasi) justru sedang sibuk membangun bisnisnya dengan cara berkolaborasi dengan pihak lain, usaha lain, bisnis lain dan sebagainya, yang pada akhirnya justru akan membuat usahanya menjadi lebih hebat, sukses dan berkembang.

Ingat, kompetisi akan selalu ada di dunia ini dan memang akan begitu selalu. Terlalu kecil jika tugas kita hanya untuk berkompetisi dan mengalahkan pihak lain. Karena pasti akan selalu ada pihak lain lagi yang muncul dan kita akan kembali berusaha mengalahkannya dan begitu selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN