Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

5 Cara Jitu untuk Rileks pada Situasi Kompleks

21 September 2020   15:28 Diperbarui: 23 September 2020   17:23 265 32 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Jitu untuk Rileks pada Situasi Kompleks
Ilustrasi menikmati saat-saat rileks. (Sumber: shutterstock via kompas.com)

"Semakin kita berusaha untuk melakukan segala hal untuk orang lain, maka semakin kita menemukan diri kita selalu berada di belakang harapan itu, dan pada akhirnya kita malah tidak bisa menyelesaikan hal besar untuk diri kita sendiri" (TauRa)

Stres bisa menyerang siapa saja. Keinginan untuk selalu tampil sempurna, bisa membuat stres. Keinginan untuk dipuji orang lain dan tidak mendapatkannya, bisa membuat stres. 

Keinginan untuk mengerjakan semua pekerjaan dengan baik dan ternyata belum berhasil, bisa stres. Dan masih banyak hal yang bisa membuat orang stres apalagi di situasi yang kompleks seperti saat ini.

Dalam menyikapi hal ini, tentu saja kita punya pilihan. Apakah ingin tetap larut dalam stres di tengah situasi kompleks, atau justru mengambil jeda untuk rileks meski waktu terasa akan habis segera? Pilihan di tangan kita masing-masing.

Bagi yang memilih tetap memaksakan diri di sebuah situasi yang tidak mudah, tentu adalah pilihan. Bagi yang memilih untuk sejenak rileks, juga adalah pilihan. 

Nah, bagi yang memilih poin kedua, maka berikut akan saya bagikan 5 cara jitu agar kita bisa mengambil nafas sejenak untuk rileks di tengah situasi yang kompleks seperti saat ini.

1. Buat Dua Rencana di Hari Libur Nanti

Untuk akhir pekan nanti, coba mulai rencanakan dua hal yang akan Anda kerjakan yang akan membuat Anda dan keluarga senang. Ingat, hanya dua hal saja, tidak lebih.

Jangan membayangkan untuk melakukan hal yang mahal. Mencabut rumput di halaman bersama keluarga pun bisa Anda agendakan jika itu akan membuat Anda bahagia. Plus makan siang bersama setelah lelah mencabut rumput di halaman rumah bersama keluarga.

Atau buat rencana makan bakso di tempat yang baru dengan keluarga juga bisa Anda rencanakan. Singkatnya, rencanakan maksimal 2 hal yang mau Anda lakukan di akhir pekan nanti dan tanpa Anda sadari, kinerja Anda dari mulai hari ini sampai akhir pekan nanti akan perlahan meningkat, dan puncak kenikmatan yang Anda rasakan adalah berupa rasa rileks pada saat Anda melakukan apa yang Anda agendakan itu.

2. Tidak Perlu Merasa Aneh Menghabiskan Waktu Sendirian

Jika Anda belum berkeluarga, tidak perlu merasa aneh untuk menghabiskan waktumu sendirian. Habiskan saja waktumu (di akhir pekan khususnya) untuk berterima kasih dengan tubuhmu karena telah bekerja maksimal di hari kerja kemarin.

Lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan (selama baik dalam berbagai aspek). Ingin sendiri bukan berarti Anda sendirian. Itu hanya tentang Anda ingin sendiri saja, bukan tentang yang lain. Rasakan rileks ketika Anda mulai menikmati kesendirian Anda bersama diri Anda seutuhnya.

3. Bersahabat Dengan Bosan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x