Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

3 Alasan Google Bukan Tandingan Orang Tua

18 September 2020   11:33 Diperbarui: 20 September 2020   11:55 108 32 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Alasan Google Bukan Tandingan Orang Tua
orang tua jauh lebih istimewa dari google (sumber:mistar.id)

Belajar di Rumah di tengah pandemi saat ini memang membutuhkan lebih dari sekadar kreativitas bagi orang tua. Bahkan, anak dengan beragam variasi dan tingkatan sekolah pun bisa ditaklukkan oleh orang tua yang mengajari mereka di rumah. Orang tua mungkin tidak tahu "segalanya" seperti google, yang juga sebenarnya tidak tahu segalanya. Tetapi membandingkan orang tua dengan google dalam hal pengetahuan tentu adalah perbandingan sesat yang tidak kongruen.

Orang tua dan segala macam kapasitasnya tentu jauh berada di atas google dalam banyak aspek. Saya bisa menyebutkan puluhan kelebihan orang tua yang bukan tandingan google, tetapi pada kesempatan kali ini mungkin kita hanya mengemukakan 3 alasan utama dulu, baru kemudian di lain kesempatan (jika masih ingat) akan coba kita kupas lagi poin lainnya.

Mari kita lihat 3 alasan kenapa google bukan lah tandingan orang tua.

1. Google Dibuat Oleh "Orang Tua"

Larry Page dan Sergey Brin yang menciptakan google adalah orang tua, tentu saja minimal untuk anaknya sendiri. Lalu bagaimana mungkin membandingkan orang tua sebagai "pencipta google", dengan barang yang diciptakannya? Tentu saja yang menciptakan jauh lebih segala-galanya di banding apa yang diciptakannya.

Google hanyalah sebagian "kecil" dari banyak hal yang sudah "diciptakan" oleh dua orang hebat ini. Dan sekali lagi, sangat tidak pantas membandingkan pencipta dan alat ciptaannya. Sampai disini, rasanya kita sudah tidak perlu lagi menyebutkan alasan-alasan lain mengapa orang tua jauh lebih segala-galanya di banding mesin pencari itu.

2. Orang Tua Punya Hati dan Perasaan, Google Tidak

Orang tua yang mengajar anaknya di rumah, bisa menjadi sangat lembut, mencium anaknya ketika belajar atau bahkan juga mungkin marah pada momen tertentu. Semua rasa yang ditampilkan oleh orang tua ini tentu saja mustahil akan diberikan oleh google dan mesin lainnya. 

Kecerdasan tidak hanya tentang memperkaya intelektualitas, tetapi juga memperkaya moralitas, emosionalitas dan spiritualitas. Dan pada bagian ini, orang tua tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan google ataupun mesin lainnya. Jika kecanggihan google bisa tahu apa rumus dasar dari sebuah teori matematika, maka kecanggihan orang tua adalah dia bisa tahu kapan anaknya semangat belajar atau butuh waktu istirahat dulu dan sebagainya.

Singkatnya, orang tua bukan lah tandingan mesin google itu.

3. Orant Tua Punya Cinta, Google Hanya Tahu Definisi Cinta

Cinta adalah kata kunci dari hubungan keluarga. Orang tua punya itu kepada anaknya dan begitu sebaliknya, sedangkan google hanya tahu definisinya. Lalu mungkinkan kita membandingkan antara orang tua dengan mesin yang katanya canggih itu?

Jauh..jauh sekali dan tidak bisa dibandingkan sama sekali. Rasanya Anda pun pasti sudah mulai bisa menyebutkan puluhan kelebihan lainnya dan puluhan alasan kenapa google bukan lah tandingan orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x