Mohon tunggu...
Taura Man
Taura Man Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Kenali Empat Fase Kehidupan dan Rekomendasi Produk Finansialnya

29 Juli 2020   08:17 Diperbarui: 29 Juli 2020   08:33 166 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Empat Fase Kehidupan dan Rekomendasi Produk Finansialnya
Ilustrasi: Kenali Fase Kehidupan Manusia | hipwee.com

Pertanyaan kapan saat  yang tepat untuk menabung dan berinvestasi sering kali muncul di kepala kita. Jawaban sederhananya adalah:

"Saat yang paling tepat untuk mulai menabung atau investasi adalah pada saat mendapat gaji pertama, dan kalau sudah terlambat, maka yang paling tepat adalah saat ini"

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada komponen lain yang menjadi pertimbangan kita sebelum benar-benar memutuskan untuk menabung atau berinvestasi. Jawabnya ada. 

Dan pertimbangan yang paling penting dari yang penting adalah dengan mengenali kita ada di fase kehidupan yang mana, karena dengan mengenali fase kehidupan kita, maka akan semakin presisi keputusan kita. Berikut adalah 4 Fase Kehidupan manusia pada umumnya:

1. Fase Belum Menikah 

Fase pertama adalah belum menikah. Yang masuk kategori ini tentu saja adalah mereka yang mulai bekerja dengan perkiraan usia 20-an hingga sekitar 30 tahun. Pada fase ini, umumnya baru bekerja atau mendapatkan penghasilan yang umumnya relatif kecil atau menengah. Pada usia ini, umumnya masuk kategori pemula, termasuk dalam hal investasi. 

Maka, sebaiknya Manfaatkan Produk Keuangan yang tepat untuk fase kehidupan ini seperti punya tabungan regular di Bank, atau deposito atau coba mulai reksadana dengan nominal kecil dan risiko rendah atau sedang. 

Kewajiban keuangan belum banyak dalam fase ini, umumnya untuk kebutuhan pribadi termasuk kredit motor (atau mobil pertama) dan ongkos liburan dan jajan kopi bersama teman yang mungkin cukup tinggi. jika hal ini bisa di hemat, maka bisa mengalihkannya ke reksadana dengan risiko menengah atau sebagian lagi di risiko tinggi.

2. Fase Menikah dan Keluarga Muda

Setelah melewati fase pertama, maka kita akan masuk ke fase dimana kita akan menikah dan mulai berencana memiliki anak atau kita sebut keluarga muda. 

Pada fase ini, umumnya pendapatan seseorang sudah mulai meningkat. Kebutuhan keuangannya pun juga meningkat seperti mulai harus membayar cicilah rumah, kendaraan dan sudah mulai berpikir untuk persiapan kelahiran anak dan bahkan biaya sekolahnya kelak. 

Dalam fase ini, perlu memiliki produk finansial tambahan seperti asuransi pendidikan anak dan asuransi kesehatan untuk keluarga, agar tidak mengambil dari dana tabungan ketika terjadi risiko sakit atau anak mau masuk sekolah. 

Gunakan asuransi Unitlink untuk asuransi pendidikannya dan bisa mengambil produk finansial ini dengan risiko sedang hingga tinggi, Unitlink bisa dipilih karena di Unitlink terdapat nilai investasi yang bisa dipakai untuk biaya sekolah anak ketika dibutuhkan kelak dia dewasa dan disaat yang sama juga terdapat perlindungan jiwa nya. Persiapan dana pensiun juga sudah mulai bisa dicicil pada fase ini.

3. Fase Keluarga Mapan

Fase ini umumnya seseorang sudah mulai masuk ke puncak karirnya. Usia pada level ini juga umumnya berkisar 40-50 tahunan. Anak-anak sudah masuk ke perguruan tinggi dan tak jarang bahkan ada yang sudah mulai masuk ke dunia kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN