Mohon tunggu...
Taul
Taul Mohon Tunggu... Freelance Writer | Lebih sering mengisi tulisan tentang humaniora

Sekedar berbagi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Dampak Fenomena Gempa Bumi

8 Oktober 2020   21:41 Diperbarui: 8 Oktober 2020   21:45 52 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Fenomena Gempa Bumi
Gambar : ANTARA FOTO

Apa dampak dari fenomena gempa bumi? Secara umum peristiwa gempa bumi diartikan sebagai peristiwa bergetarnya bumi akibat adanya pelepasan energi secara tiba-tiba yang terjadi di dalam bumi ditandai dengan patahnya lapisan batuan di dalam bumi. Bergetarnya gelombang yang dipancarkan oleh gempa bumi mampu menimbulkan efek secara langsung maupun tidak langsung.

 1. Akibat langsung 

a. Likuifaksi 

Akibat langsung yang bisa ditimbulkan oleh peristiwa gempa bumi salah satunya adalah likuifaksi. Likuifaksi merupakan fenomena alam dimana susutnya daya dukung tanah pasir karena menghilangnya suatu tekanan antar material maupun butir-butir pasir. 

Gempa bumi akan memunculkan gerakan siklik yang kemudian akan menaikkan tegangan air pori didalam tanah pasir yang jenuh air. Tegangan air pori ini terus menerus meningkat hingga mencapai titik batas tertentu sehingga mampu memisahkan atau menghilangkan kontak antar butir-butir pasir. Untuk bisa mengetahui apakah suatu daerah berpotensi terjadi likuifaksi bisa diidentifikasikan dari hal-hal berikut :

 -Apakah daerah tersebut ada hubungannya dengan parameter gempa?

 -Apakah terdapat tanah pasir jenuh air pada kedalaman tertentu? 

-Apakah pada daerah tersebut memiliki geomorfologi yang kurang baik?

 -Apa lokasi tersebut pernah terjadi likuifaksi sebelumnya? 

b. Penurunan Muka Tanah 

Dampak langsung yang sering terjadi dari fenomena gempa bumi adalah penurunan muka tanah. Peristiwa penurunan muka tanah bisa terjadi baik dari dampak likuifaksi maupun pemadatan suatu lapisan beban siklik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN