Mohon tunggu...
Tauhid Patria
Tauhid Patria Mohon Tunggu... Administrasi - karyawan swasta

Menulis apa saja kan suka-suka saya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Inilah Kuliner yang Biasanya Hadir saat Perayaan Imlek Tiba

29 Januari 2023   20:37 Diperbarui: 29 Januari 2023   20:40 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perayaan Imlek di salah satu Vihara di Bogor. (foto : Dokpri).

Halo sodara-sodara...udah lama juga neh saya engga update tulisan di Kompasiana. Nah kali ini saya hadir kembali membawa cerita tentan perayaan Imlek tapi bukan tentang Vihara yang biasanya suka ada kuncen yang jago ngeramalnya ya, tapi kali ini saya mau cerita tentang kuliner khas perayaan Imlek.

Bicara perayaan Imlek, saya yang memang memiliki darah keturunan China dari ibu saya biasanya setiap imlek selalu membeli kue keranjang buat dibagi-bagikan ke sodara-sodara di sekitar rumah. 

Ibu saya selalu mengingatkan saya untuk jangan lupa membeli kue keranjang setiap perayaan Imlek tiba. Kue keranjang ini biasanya kita makan pas perayaan imlek, entah kita makan langsung ataupun biasanya kue keranjang nya dicampur terigu terus digoreng dengan rasa yang pasti tidak kalah enaknya.

Nah kebetulan juga, pas perayaan Imlem kemarin saya Bersama teman-teman Kompasiana Penggila Kuliner alias KPK berkesempatan jalan-jalan ke Vihara Budha Dharma & 8 Pho Sat di kawasan Bogor, Jawa Barat sana. Nah seperti apa jalan ceritanya... ikutin terus ya cerita saya yang pastinya kaga bakal nyesel dah fren...

Jadi gini ceritanya fren...

Hari Minggu kemarin itu saya sama temen-temen KPK jalan-jalan ke Vihara Budha Dharma & 8 Pho Sat di kawasan Bogor. Nah, selain ngeliat bangunan Viharanya beserta ornamen didalemnya seperti patung budha tidur yang berukuran besar serta beberapa patung lain yang berada disana, saya juga berkesempatan nyobain kuliner khas perayaan Imlek. Apa saja kulinernya, wah banyak fren yang saya coba. 

Mulai dari Bakpau isi ayam yang asoy banget rasanya. Konon neh ya,  Bakpau ini termasuk makanan yang dipercaya warga Tionghoa dapat membawa banyak rejeki dan keberkahan loh, makanya Bakpao biasanya hadir menjadi salah satu kuliner yang ada saat perayaan Imlek tiba.

Ini dia neh si Bakpau yang asoy (foto : dokpri).
Ini dia neh si Bakpau yang asoy (foto : dokpri).

Bukan cuma bakpau doang fren, ada juga Pangsit kuah yang juga engga kalah enaknya dari si Bakpau dengan isian daging ayam yang gurih. Pangsit nya ini kenyal terus dicampur sayuran kaya sawi plus suwiran ayam bumbu pangsit dan kuah gurih yang pastinya enak banget dinikmatin. 

Saya yang penasaran, langsung aja melahap pangsit dengan mangkuk kecil dan rasanya neh fren, asli enak bener apalagi dicampur saus plus sambel jadi menambah cita rasa si pangsit ini lebih asoy saat masuk ke mulut saya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun