Mohon tunggu...
Tauhid Patria
Tauhid Patria Mohon Tunggu... Administrasi - karyawan swasta

Menulis apa saja kan suka-suka saya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cikini, Kawasan di Pusat Jakarta yang Terkenal dengan Kulinernya

29 Desember 2021   12:41 Diperbarui: 29 Desember 2021   13:10 499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kawasan Cikini yang terkenal dengan kulinernya (Dok.pri)

Cikini

Gondangdia

Aku Begini

Karena Dia

Itu adalah salah satu pantun yang menyebutkan sebuah daerah Bernama Cikini yang memang berdekatan dengan wilayah Gondangdia. Menyebut nama daerah Cikini, salah satu jalan di Kawasan pusat Jakarta ini selama ini terkenal sebagai salah satu tempat untuk berburu parcel yang terkenal di Kawasan ibukota.

Tidak hanya parcel, Cikini juga terkenal dengan beberapa kuliner khasnya yang memang menjadi tempat berburu para pecinta kuliner di Jakarta. Menyebut beberapa nama kuliner seperti Rumah Makan Ampera 2 Tak, Gado-Gado Bon Bin, dan juga mie ayam Gondangdia.

Warteg menjadi salah satu pilihan kuliner di kawasan Cikini (Dok.pri)
Warteg menjadi salah satu pilihan kuliner di kawasan Cikini (Dok.pri)

Namun selain ketiga makanan tersebut, Kawasan Jalan Cikini juga menjadi surga kuliner lainnya seperti yang saya temukan ketika hari Sabtu (25/12) kemarin saya dan teman-teman dari Kompasioner Penggila Kuliner (KPK) melakukan gerebek kuliner di Kawasan ini. Saya sendiri memilih untuk menikmati sajian dari warteg yang terdapat di jalan samping Rumah Makan Ampera 2 Tak. Di sana kita dapat menemui jejeran warteg yang menyajikan aneka sajian makanan yang menggugah selera seperti soto ayam, rawon, ayam bakar, dan menu-menu khas warteg lainnya.

Saya Bersama mas Agung kemudian memilih salah satu warteg yang berada tepat diujung jalan. Rawon menjadi pilihan untuk saya nikmati karena begitu menggugah selera. Mie goreng dan sayur kangkung menjadi lauk pelengkap untuk menemani rawon sebagai sajian yang saya pilih. Tidak lengkap rasanya jika di warteg, kita tidak mencoba gorengan yang menjadi salah satu menu yang wajib untuk saya nikmati. Alhasil, 3 gorengan menjadi pelengkap lauk yang saya habiskan sabtu siang itu.

Rasa rawon di warteg ini ternyata cukup memikat selera, dengan kuah yang nikmat ditambah dengan potongan daging membuat rawon ini menjadi sajian yang begitu sedap untuk disantap. Es teh manis menjadi penutup yang segar setelah menikmati makanan yang sudah habis saya makan.

Menu warteg yang menggugah selera (Dok.pri)
Menu warteg yang menggugah selera (Dok.pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun