Mohon tunggu...
Taufiqurrohman
Taufiqurrohman Mohon Tunggu... Guru - Guru Pelajaran di SMP Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Jambi

Saya adalah salah seorang guru di SMP N 1 Tanjung Jabung Timur salah satu kabuppaten di Provinsi Jambi. Hobi saya adalah membaca. Karena dengan membaca kita akan memiliki jiwa yang tenang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice: Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Teks Fungsional Pendek Notice

28 September 2022   06:40 Diperbarui: 28 September 2022   06:47 490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 Tujuan yang ingin dicapai  adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis dan membedakan beberapa Teks Fungsional Pendek notice.

 SMP Negeri 1 Tanjung Jabung Timur berada di  kecamatan Muara Sabak Timur. Sekolah ini merupakan sekolah tertua di kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terletak di jalan Inpres RT 03 kelurahan Muara Sabak Ilir. Pada tahun pembelajaran 2022/2023 jumlah siswa mencapai 281 orang terdiri dari 134 laki-laki dan 147 perempuan.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Guru belum merancang pembelajaran yang aktif  dan menyenangkan
  • Kurangnya pemahaman guru pada model-model pembelajaran inovatif
  • Masih banyak siswa yang kesulitan membaca kosa kata bahasa inggris, ini dikarenakan siswa belajar Bahasa Inggris saat di SMP
  • Rendahnya minat siswa dalam belajar belajar bahasa Inggris ini dikarenakan siswa memiliki mindset bahwa pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit.
  • Peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran
  • Pembelajaran masih berpusat pada guru

Praktik ini penting untuk dibagikan dengan beberapa penyebab berikut antara lain :

 

  • Berbagi pengalaman kepada guru-guru tentang cara mengatasi berbagai permasalahan yang sering kita jumpai pada saat pembelajaran berlangsung, seperti bagaimana menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, bagaimana menggunakan media yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa, dan bagaimana guru memanfaatkan waktu yang tersedia untuk meningkatkan kualitas belajar dari siswa itu sendiri. Selain itu, bagaimana guru menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan sehingga mencapai tujuan student center.
  • Memotivasi guru untuk bisa memberikan yang terbaik untuk siswa dari segi pelayanan. Karena kurikulum sekarang mewajibkan sistem pendidikan yang berpusat pada siswa, guru pun dituntut untuk bisa mengembangkan sumber daya dan prasarana bagi siswa sehingga siswa memiliki tingkat pemahaman yang HOTS sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Baik itu dari pelatihan maupun dari teknologi atau aplikasi belajar interaktif yang sangat erat kaitannya dengan era milenial.


Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode dan media pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisa teks fungsional pendek notice.

Berdasarkan hasil kajian literatur dan kajian wawancara, penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, yakni rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisa teks fungsional pendek adalah:

  • Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher-centered) dimana metode ceramah dan penugasan  masih mendominasi pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran
  • Guru belum merancang pembelajaran yang aktif dan menyenangkan
  • Siswa tidak tahu tujuan dari belajar bahasa Inggris.

Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, tantangan yang dihadapi guru yakni:

  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi pembelajaran
  • Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menganalisis materi

Berdasarkan kedua tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru dalam hal kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sementara dari sisi peserta didik yakni minat siswa pada pelajaran bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun