Mohon tunggu...
Taufiq Sentana
Taufiq Sentana Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan dan sosial budaya

Praktisi pendidikan Islam. peneliti independen studi sosial-budaya dan kreativitas.menetap di Aceh Barat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menulis, Pikiran dan Ingatan Tubuh

12 Desember 2021   11:58 Diperbarui: 12 Desember 2021   12:05 170 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi.unair.com.

Menulis, Pikiran & Ingatan Tubuh

*****

"molekul peptikal dikenal sebagai perangkat pengikat ingatan pada tubuh, khususnya jantung dan kulit"( dalam otak sejuta giga.kaifa).

*****

1//

Menulis merupakan perangkat peradaban yang paling tua, setelah kemampuan bicara.  mungkin tulisan  seusia dengan melukis dan mengambar atau memberi simbol. Disebut bahwa Nabi Idris AS (Daniel) termasuk sebagai orang yang pertama kali menulis.

Pada zaman mutakhir sekarang, kita juga tak lepas dari menulis, mungkin konten dan medianya yang berbeda. pena pena mungkin akan jarang digunakan nantinya, tapi tulisan akan tetap ada. Tulisan itu pula yang akan mengikat eksistensi kehidupan (pikiran) kita.

2//
Maka tulisan menjadi hasil pelestarian dari pikiran. tentu ada pikiran baik dan pikiran buruk. pikiran baik akan mewariskan kehidupan yang sejalan dengan tujuan penciptaan manusia. demikian juga pikiran buruk, akan menjadi peringatan dan kehinaan.

Dari mana datangnya pikiran? dari kesadaran, pengalaman, olahan akal dan dan hati,  serta inspirasi atau impresi impresi yang dikenali dan dikendalikan, sehingga menjadi perilaku, kebiasaan dan TULISAN.

Bila ruh dan jiwa sebagai entitas intinya, maka akal adalah wadah bagi berkembangnya pemikiran. (tubuh wadah bagi ruh)  Dan otak? ia hanya mekanisasi kesadaran (bawah sadar) dalam mengolah lingkungan dalam diri atau di luar diri kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan