Mohon tunggu...
Taufiq Sentana
Taufiq Sentana Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan dan sosial budaya

Praktisi pendidikan Islam. peneliti independen studi sosial-budaya dan kreativitas.menetap di Aceh Barat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Ibadah dan Kreativitas

20 Agustus 2021   10:30 Diperbarui: 20 Agustus 2021   10:38 63 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ibadah dan Kreativitas
Sumber.dokrpi.NN (facebook paradigma)

Ibadah ritual jumat dalam kehidupan muslim memberikan gambaran simpel tentang sejalannya kehidupan ibadah (bahkan yang kolosal) dengan kreativitas dan usaha usaha untuk perbaikan diri dan sosial.

Memang sejatinya, secara umum makna ibadah adalah seluruh sikap tunduk, khusuk dan penyerahan diri pada  Dia Yang Maha Kuasa dalam setiap rangkaian aktivitas ketaatan: Dari bangun tidur hingga tidur kembali. 

Namun, sebagianya bersifat khusus, temporal, bersyarat dan tidak ada kreasi di dalamnya, seperti shalat dan haji: Kreativitas di luar itu.

Dalam kaitannya dengan ibadah formal shalat jumat tadi, setelah ritus yang wajib ini, kaum muslim diperintahkan untuk kembali ke aktivitas normal selazimnya manusia: 

Bertebar ke pusat kerja masing masing,  mengusahakan sebagian dari keutamaan/rezeki dari Allah (lewat karya, produksi dan khidmat), dan tetaplah dalam kondisi " mengingat Allah" dengan banyak (lisan dan perbuatan) agar kamu sekalian mendapatkan keberuntungan: Q.S: Al Jumu'ah.10.

Walaupun demikian, usaha kreatif dan lingkup kreativitas yang dikerjakan hendaknya sejalan dengan kaidah normatif masyarakat dan nilai syar'i. 

Sebab, dalam kehidupan muslim, kreativitas tidak berdiri secara bebas namun menjadi medium ekspresi dalam mencapai kebaikan hidup  pribadi dan masyarakat.

Petikan ayat " Tetaplah mengingat Allah (lisan dan perbuatan) dengan banyak" yang dikutip di atas sebagai batasan dalam kreativitas, agar hasil kreatif itu bernilai ibadah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan