Mohon tunggu...
Taufiq Mushlih
Taufiq Mushlih Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Hukum dan Jurnalis Foto

Saya Taufiq Mushlih. Mahasiswa Ilmu Hukum, Photographer an Videographer, Social Media Specialist. Hoby Traveling.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Persib Raih Juara Liga 1 Usai Tanding Dengan Madura United

2 Juni 2024   05:06 Diperbarui: 2 Juni 2024   06:39 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Persib Sedang Mengangkat Piala saat Mendeklarasikan Sebagai Juara(foto by; Taofik Achmad Hidayat)

Bertempat di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat, 31 Mei 2024, usai mengalahkan Madura United 3-1 pada leg kedua seri kejuaraan, Persib Bandung mendeklarasikan diri sebagai juara seri kejuaraan Liga 1 2023-2024. Sempat unggul 3-0 di leg pertama final, skor agregat Maung Bandung bertambah menjadi 6-1 dengan kemenangan tersebut.

Leg kedua final Seri Kejuaraan Liga 1 2023-2024 berlangsung sengit. Masing-masing tim bersaing ketat hingga tidak ada gol yang tercipta di babak pertama. Namun serupa dengan leg pertama, Persib mengubah game plan di babak kedua dan sukses mengakhiri pertandingan dengan skor imbang.

Tepat pada menit ke-61 laga leg kedua final Seri Kejuaraan Liga 1 2023-2024, David da Silva menjadi orang pertama yang membuka gawang Persib. Selain mencetak gol ketiga puluhnya musim ini, David da Silva juga berhasil meraih trofi Sepatu Emas yang menjadi pemain Liga 1 dengan kesuburan terbanyak. 

Menyusul gol striker berinisial DDS itu, Marc Klok mencetak gol pada menit ke-86 dan Beckham Putra mencetak gol di masa tambahan waktu (90+ 2'). Sementara itu, penalti Slamet Nurcahyo pada menit ke-90+6 memberi gol hiburan bagi tuan rumah.

Perjalanan sepuluh tahun Persib untuk mencicipi manisnya gelar Liga Indonesia kembali usai dengan kemenangan atas Madura United.
Persib belum pernah lagi mengangkat trofi juara Liga Indonesia sejak 2014 hingga hari ini. Banyak pemain asal Jawa Barat, antara lain Achmad Jufriyanto, Jajang Sukmara, Atep, Tantan, Rudiyana, dan pelatih Djadjang Nurdjaman yang memperkuat tim saat itu.

Catatan tambahan yang perlu diperhatikan adalah Persib tampil sebagai tim perdana yang berjaya di Liga 1 Indonesia dengan struktur baru yang menampilkan Championship Series. Pencapaian tersebut serupa dengan gelar juara Liga Indonesia yang diraih Persib pada tahun 1994 berkat perpaduan kompetisi United dan Galatama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun