Mohon tunggu...
Taufiq Akbar
Taufiq Akbar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi: Berdiskusi Kepribadian: Terbuka dan ceria Konten yang di sukai: Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Manfaat dan Penerapan Teknologi Informasi

22 September 2022   20:21 Diperbarui: 22 September 2022   20:35 58 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada saat mendengar kata teknologi informasi, sudah pasti yang ada di benak kita adalah terkait perkembangan pengetahuan artifisial yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas kehidupan manusia. Ketika kita berbicara mengenai teknologi informasi, kita tidak terlepas dengan yang namanya data dan sangat berkaitan penting dengan teknologi informasi. 

Nah apa itu data?

Data adalah fakta-fakta atau rincian kejadian yang sifatnya belum di olah, sehingga dia belum memiliki makna. Contohnya seseorang ketika mengambil data menggunakan kuesioner dan juga hasil skoring pada kuesioner yang telah di isi itu, maka hal ini merupakan sebuah data. Namun, hasil kuesioner itu tidak akan memiliki arti apapun apabila tidak di olah terlebih dahulu.

Selanjutnya yang berkaitan dengan data juga ada yang di sebut dengan informasi. Informasi ini bersumber dari data yang sudah di olah atau di filter menjadi bentuk yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau sebuah keterangan yang di tujukan bagi penerima dalam pengambilan sebuah keputusan. Informasi adalah suatu data yang sudah di proses dan di ubah menjadi kontek yang bermakna, sehingga berarti bagi penerimanya. Itulah kenapa data dan informasi itu sangat penting.

Selain data dan informasi ada juga yang namanya algoritma. Algoritma ini penting sekali dalam pengembangan sebuah sistem. Karena algoritma iniah yang mengarahkan berjalannya aplikasi supaya  teratur atau terstruktur. Algoritma ada metode efektif yang di ekspresikan dari rangkaian yang terbatas dan instruksi -instruksi yang sudah di definisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi.

Dari ketiga hal tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa, Teknologi Informasi itu merupakan hasil rekayasa manusia dalam proses penyampaian informasi, mulai dari pengirim ke penerima, sehingga dalam pengiriman informasi itu akan lebih cepat, lebih luas juga penyebabnya dan yang tak kalah penting juga yaitu lebih lama penyimpanannya. Ketika kita membangun sebuah sistem maka kita juga diwajibkan mengetahui manfaatnya. Manfaat teknologi informasi sendiri dalam lingkup kehidupan manusia di antaranya:

1. Penerapan TI dalam perusahaan

Perusahaan sendiri membutuhkan bagaimana caranya supaya perusahaan itu  dapat terkoneksi dan terintegrasi . Misalanya dalam sebuah perusahaan membutuhkan satu sistem yang dapat terintegrasi mulai dari managerial sampai dengan staf atau teknisi tentunya. Ada satu sistem dalam perusahaan yang di sebut dengan IRP.  

Bagaimana caranya saling mereka saling berkomunikasi antara satu sama lain itu yang tertanam dalam sistem IRP itu sendiri. Maka dari sini kita dapat benang merah bahwa manfaat dari teknologi informasi sendiri adalah untuk mempermudah suatu pekerjaan manusia menjadi cepat dan juga evektif. 

2. Penerapan TI dalam Dunia Bisnis.     

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan