Mohon tunggu...
Taufiq Rahman
Taufiq Rahman Mohon Tunggu... profesional

Menyukai sunyi dan estetika masa lalu | Pecinta Kopi | mantan engineer dan titik titik...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apakah Kepercayaan yang Telah Ambruk Bisa Dibangun Kembali?

7 Agustus 2020   20:39 Diperbarui: 9 Agustus 2020   05:37 176 20 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Kepercayaan yang Telah Ambruk Bisa Dibangun Kembali?
ilustrasi teman yang sudah tidak lagi dipercaya. (sumber: ALAMY PHOTO via kompas.com)

"The most expensive thing in the world is trust."

Sengaja kukutip kalimat bijak di atas untuk mengingatkan saya, dan Anda, bahwa harta termahal itu adalah kepercayaan. Ya, kalimat ini sudah menjadi keyakinan (umum) karena kepercayaan adalah semakna dengan keyakinan. 

Oleh karena itulah, menjaga kepercayaan itu serupa dengan membangun sebuah pondasi, kepercayaan menjadi landasan relationship agar dapat terus berdiri dan tidak ambruk.

Mengapa kepercayaan harus dirawat? Karena siapa pun kita, apapun pekerjaan kita, kita membutuhkan kepercayaan. Para elit politis memerlukan kepercayaan rakyat. 

Nasabah tak takut menyimpan uangnya di bank karena kepercayaan. Anda diterima bekerja juga karena atasan Anda percaya kepada kualifikasi dan komitmen Anda. Pun Anda bisa memeroleh hutang, juga karena kepercayaan.

Adakah sebuah hubungan bisa berdiri dan dipertahankan tanpa kepercayaan? Jawabnya: tidak ada!

Anda boleh bertanya kepada siapapun atau membaca buku-buku, apakah pernah ada sebuah hubungan (kisah cinta) yang baik, sehat, dan kokoh bisa terus dipertahankan hanya dengan modal cinta semata? Tanpa kepercayaan?

Jawabnya juga akan sama: tidak ada!

Kepercayaan dibutuhkan dalam hubungan mencintai dan dicintai sebab kepercayaan kita membutuhkan kemampuan memikirkan kebutuhan sang kekasih dan bagaimana kita menghormati pandangannya yang berbeda tanpa menuruti ego semata. 

Ya, cinta bisa menjadi sangat egois ketika kita tidak melandasinya dengan kepercayaan. Cinta itu indah memesona, tetapi ia mudah terperangkap menjadi pertengkaran luar biasa apabila kita tidak bisa menghargai pasangan.

Kepercayaan menjadi dasar dari setiap hubungan seseorang dengan seseorang lainnya. Seseorang dapat menerima bahwa kita adalah seperti apa yang kita katakan dan, kita akan melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x