Mohon tunggu...
Taufiq Rahman
Taufiq Rahman Mohon Tunggu... profesional

Menyukai sunyi dan estetika masa lalu | Pecinta Kopi | mantan engineer dan titik titik...

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Siapa Paling Layak Menjadi Moderator, Karni yang Senior atau Nana yang Tajam?

24 Januari 2019   22:13 Diperbarui: 25 Januari 2019   06:07 1408 7 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Paling Layak Menjadi Moderator, Karni yang Senior atau Nana yang Tajam?
Sumber foto: dokumen pribadi

Beberapa hari ini tarik ulur siapa yang bakal memandu debat capres kedua sempat menjadi topik hangat perbincangan publik.

Urusan siapa nama yang akan menjadi moderator debat visi dan misi kini dijadikan soal. Meski tugas seorang moderator debat yang dimaksud hanya akan membaca mata acara dan memastikan debat berjalan sesuai kehendak KPU dan panelis, tetapi tetap saja tarik ulur itu terjadi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan ada beberapa nama yang akan menjadi moderator debat capres yang kedua. Ada Karni Ilyas, ada Alfito Deannova, Tommy Tjokro, dan Najwa Shihab. Tetapi, tentu saja, dan sangat mudah ditebak, dua nama yang paling disorot kedua kubu dan publik adalah: Karni Ilyas dan Najwa Shihab.

Najwa Shihab adalah jurnalis sekaligus presenter acara TV Mata Najwa dan Karni Ilyas adalah presenter Indonesia Lawyers Club (ILC). Kedua acara unggulan ini disebut-sebut mampu mengalahkan rating acara-acara hiburan di stasiun TV lain.

Nana (panggilan akrab Najwa Shihab) sudah ditolak oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Alasannya: karena Nana terindikasikan berada di kubu Jokowi-Ma'ruf. Mereka mengganggap Nana tidak akan netral.

Lalu bagaimana tanggapan Tim Kampanye Jokowi (TKN) soal nama Karni? Sejauh ini, setidaknya seperti yang saya ketahui, TKN belum secara jelas menerima atau menolak Karni.

"Sudah disampaikan kemarin pada rapat pertama dengan KPU ya sebelum rapat pertama. Itu kita sampaikan, kalau untuk moderator, Bang Karni Ilyas terlalu senior," ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga.

Lalu, apa pasal sehingga nama Karni dan Nana menjadi topik perbincangan?

Ini karena tak bisa dipungkiri adanya "perang udara" antara TV One yang dipunyai Aburizal Bakrie yang pernah menjadi oposisi dengan Metro TV yang dipunyai Surya Paloh yang berada di belakang Jokowi. Mata Najwa, kini, adalah pesaing terberat acara Indonesia Lawyer Club yang dipandu Karni Ilyas di TV One.

Nana dikenal sebagai jurnalis dan presenter sangat handal. Jurnalis cantik itu, oleh sebagian orang, mungkin sangat ditakuti karena ia mempunyai kemampuan menguliti dan mengoreksi habis-habisan narasumbernya. Pertanyaan-pertanyaannya selalu menohok dan tajam.

Kemampuannya mencermati ketidakkonsistenan jawaban satu dengan jawaban yang sebelumnya bisa menjadi pedang sangat tajam bagi narasumber yang tidak siap dengan data dan angka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x