Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menembus Kebakaran Hutan Menuju Valparaiso

15 Mei 2024   08:22 Diperbarui: 15 Mei 2024   08:25 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Mobil Pemadam di Valparai (dok. pribadi)


Pagi baru saja merekah di Las Condes, Santiago ketika saya memulai perjalanan ke stasiun metro El Golf.  Tujuannya adalah kota di tepi pantai Samudra Pasifik, Valparaiso.

Sebenarnya rencana awal untuk pergi kota ini adalah  kemarin, tetapi karena ada kebakaran hutan dan berita di internet yang cukup menyeramkan dimana banyak orang yang menjadi korban dan jalan utama ditutup, maka perjalanan ditunda hingga hari ini.

Dari stasiun El Golf, dengan metro Line 1, saya menuju ke stasiun Pajaritos untuk kemudian naik bis menuju Valparaiso.  Sebenarnya kita bisa  membeli tiket secara daring di website, namun saya lebih suka membeli secara manual dan berinteraksi dengan penjualnya.

Setelah sekitar setengah jam lebih naik metro dan melewati 19 stasiun akhirnya kereta tiba di Pajaritos yang ada di kawasan Lo Prado.  Nama Pajaritos ini secara literal berarti burung-burung kecil yang diambil dari kata Pajaro yang bermakna burung.  

Tiket (dok. pribadi)
Tiket (dok. pribadi)


Stasiun metro Pajaritos ini terintegrasi dengan terminal bus. Tinggal melihat petunjuk jalan saja  menuju ke terminal. Selain ke Valparaiso dan kota-kota lain di kawasan pantai Pasifik seperti Vina del Mar, Algarrobo dan  Casablanca, di terminal ini juga ada bus yang menuju ke bandara Nueva Pudahuel atau Arturo Merino Benitez.  Saya langsung memutuskan akan  ketika meninggal akan naik bus ke bandara melalui terminal  ini ketika akan terbang ke Barcelona nanti.

Saya melihat deretan loket dengan nama perusahaan bus seperti Turbus, Condor, Pulman, Romani dan juga Flixbus.

Sambil mengintip jadwal bus yang ada di display elektronik, saya antre di depan loket Turbus  dan kemudian membeli  tiket ke Valparaiso Ida y Vuelta alias pulang pergi.  Untuk berangkat jam dipilih yang secepatnya dan kembali sekitar pukul 6 sore.  

Tidak lama kemudian dua lembar tiket sudah ditangan, yaitu tiket jam 9.50 pagi dengan Turbus  seharga 7 ribu Peso dan tiket kembali pukul 17.55 dengan bus Condor seharga 7000. Namun karena membeli sekaligus pulang pergi, penjual tiket yang berusia sekitar 50 tahunan hanya berkata : Once mil pesos alias 11 Ribu peso sambil tersenyum manis.   Wah ternyata banyak dapat discuenta alias diskon karena di tiket sendiri harga sekali jalan adalah 10 ribu Peso.

Bus di terminal (dok. pribadi)
Bus di terminal (dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun