Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Pesona National Museum of Qatar yang Berbentuk Mawar Padang Pasir di Doha

8 Desember 2022   10:48 Diperbarui: 10 Desember 2022   02:03 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kunjungan saya di akhir tahun 2017 lalu ke Doha, saya melihat sebuah bangunan unik di kawasan sebelah selatan Al-Courniche. Bentuknya aneh seperti lempengan cakram yang berserakan tidak teratur dan sekilas dari kejauahn lumayan luas. 

"Ini adalah National Museum of Qatar," jawab teman saya sambil tersenyum. Dia juga menjelaskan bahwa museum ini jika sudah selesai akan dibuka pada 2019 nanti. 

Karena itu saya cukup beruntung bisa kembali lagi ke Doha ketika museum ini sudah dibuka. Dan ini adalah kisah perjalanannya:

Dengan taksi Karwa, kami menuju ke museum ini dan setelah turun dari taksi, masih harus berjalan beberapa puluh meter untuk menuju ke museum. Dari sini saya bisa menikmati kemegahan bangunan yang sangat unik ini. Bangunan yang dirancang dengan inspirasi mawar padang pasir.  Dari luar dan dalam jarak dekat, gedung ini seakan memanggil kami untuk menjelajah di dalamnya dan mengungkap misteri yang dikandungnya. 

Salah satu sudut museum: Dokpri
Salah satu sudut museum: Dokpri

Warnanya dominan dengan nuansa krem seperti kristal dan di bagian atasnya sedikit melengkung bagaikan kelopak mawar. Tetapi fasad depannya benar-benar tidak teratur karena sekaan terbuat dari gabungan lembeng cakram baik horizontal, vertikal, membujur serta melintang. Walau seakan tidak teratur, tetapi memiliki daya magis dan keindahan tersendiri.

Wifi Gratis. Dokpri
Wifi Gratis. Dokpri

Kami masuk melalaui pintu utama dan menuju beranda atau lobi tempat menjual tiket.  Di sini juga ada ternyata ada fasilitas wifi gratis yang menjelaskan nama serta password yang bisa digunakan bagi pengunjung.  Bahkan di salah satu dinding yang miring ini juga ada tertulis sekilas informasi mengenai Nasional Museum of Qatar ini dalam Bahasa Inggris dan Arab.

Informasi di dinding miring: Dokpri
Informasi di dinding miring: Dokpri

Interior di beranda ini juga sangat unik karena bukan hanya lantai yang tidak rata, melainkan dinding dan atapnya pun sekilas sangat tidak beraturan, ada dinding yang miring, sementara di bagian lain tegak dan atapnya ada kadang miring melengkung atau melandai secara curam. Hal ini karena letak cakram-cakram yang memang dibuat seakan-akan secara acak dan sembarangan.  Cakram yang melambangkan kelopak mawar padang pasir seperti dibayangkan oleh Jean Nouvel, sang arsitek dari Perancis yang juga merancang beberapa museum terkenal seperti perluasan Reina Sofia Museum di Madrid dan Louvre Abu Dhabi.

Pandangan depan museum: Dokpri
Pandangan depan museum: Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun