Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kisah Unik di Balik 8 Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar

25 November 2022   15:46 Diperbarui: 25 November 2022   15:51 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadion Al Bayt:  qatar2022.qa

Pesta olah raga sepak bola yang diselenggarakan empat tahun sekali sedang berlangsung di Qatar sejak 20 November 2022 lalu. 32 negara termasuk tuan rumah Qatar sudah, sedang dan akan bertanding memperebutkan Piala yang menjadi impian setiap pemain dan negara peserta.

Pertandingan-pertandingan dengan antusias diikuti oleh jutaan atau bahkan milyaran penonton di seluruh dunia. 

Nah pertandingan-pertandingan ini diadakan di 8 stadion yang terletak di seantero negeri Qatar. Dan kali ini karena ukuran negeri Qatar yang tidak terlalu luas, maka jarak antara stadion tersebut juga tidak terlalu jauh.  Namun yang menjadi daya tarik khusus stadion stadion ini adalah arsitekturnya yang menarik serta fasilitasnya yang begitu wah dan mewah. Yuk kita jenguk satu persatu.

1 Al Bayt Stadium

Ini adalah tempat pembukaan dan juga pertandingan perdana Piala Dunia 2022 diselenggarakan antara tuan rumah Qatar dan Ekuador.  Sebuah stadion yang sangat megah dengan arsitektur khas negeri Arab berubah atap yang berbentuk tenda.

Stadion ini terletak di Al Khor, sekitar 35 kilometer sebelah utara pusat kota Doha, stadion ini memiliki kapasitas  sekitar 68 ribu tempat duduk dan dirancang khusus dengan sentuhan budaya Qatar yang unik.  Kata Al Bayt sendiri berasal dari Bayt Al Sya'ar yang secara harfiah bermakna Rumah Rambut yang mengacu kepada tenda-tenda tradisional suku Badui di Kawasan Padang Pasir Arabia yang dibuat dari anyaman rambut hewan seperti domba dan kambing.

Nah sentuhan tradisional inilah yang menjadi ciri khas dan keunikan stadion Al Bayt ini.  Sekalipun demikian, kemewahan fasilitas baik untuk pemain, ofisial dan penontonnya benar-benar telah diperhitungkan secara matang sehingga Qatar akan dengan bangga memberikan ucapan selat datang kepada semua tamu selama perhelatan Piala Dunia di Stadion Al Bayt. 

Selain itu, stadion ini juga sangat unik karena tingkat duanya nanti akan dibongkar setelah seusai Piala Dunia mengingat tidak lagi diperlukan kapasitas yang besar untuk penonton.

2. Lusail Stadium

Stadion Lusail : Inews.id
Stadion Lusail : Inews.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun