Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berkunjung Ke Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan di Katara di Qatar

25 November 2022   10:04 Diperbarui: 25 November 2022   10:14 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Ayo kita mampir ke Katara," demikian ajak teman saya yang menjadi tuan rumah sekaligus pemandu wisata dadakan selama kunjungan saya ke Qatar.   Nama Katara yang mirip Qatar ini baru pertama kali saya dengar dan baru kemudian mengetahui bahwa ini adalah nama lama Qatar yang sudah eksis sejak zaman Romawi kuno.

Tamim Al-Majid: DOkpri
Tamim Al-Majid: DOkpri

Kendaraan kami segera meluncur menuju kawasan pantai timur kota Doha dan kalau semalam kami sempat mampir di The Pearl, maka Katara ini lokasinya tidak jauh dari The Pearl yaitu di antara The Pearl dan West Bay.  Udara kota Doha di akhir November yang lumayan bersahabat walau Mentari bersinar dengan terik membuat kunjungan ke Katara ini tampaknya akan cukup menyenangkan. Di sepanjang jalan, banyak terlihat poster besar bergambarkan Emir Qatar dengan tulisan Tamim AlMajid seperti yang saya lihat di Souq Waqif semalam.

Pantai Katara: Dokpri
Pantai Katara: Dokpri

Kendaraan di parkir tidak jauh dari pantai Katara.  Pantai ini lah yang menjadi semacam gerbang menuju tempat yang disebut sebagai Cutural Village.  Di tepi pantai, banyak tersedia tempat untuk bersantai dan berjemur lengkap dengan payung besar yang bisa dilipat untuk melindungi tubuh dari panas matahari.  Namun suasana pantai di siang itu sedang sepi. Tidak ada satu pun pengunjung.  Pantai Katara ini merupakan salah satu pantai paling indah dan terkenal di Doha dan memiliki panjang sekitar 1,5 Km.   Selain suasana pantai dan lautnya yang tenang, pemandangan lain yang bisa kita nikmati adalah Sebagian pencakar langit kota.

Naik Mobil Golf: Dokpri
Naik Mobil Golf: Dokpri

Asyiknya di sini tersedia mobil golf atau mobil listrik yang bisa mengantar pengunjung untuk menuju ke kawasan utama di Katara, menyusuri pantai sejauh sekitar 1 kilo meter lebih ini. meter.  Kalau berjalan kaki mungkin sekitar 10 menit lebih.  Tetapi tentunya lebih asyik naik kendaraan gratis ini. Bisa menghemat waktu dan energi karena nanti diperlukan untuk menjelajah kawasan Katara yang cukup luas.  Di sepanjang pantai banyak fasilitas untuk berolahraga air seperti kayak, ski air, mendayung dan naik berbagai jenis perahu termasuk Dhow, perahu tradisional khas Timur Tengah.

Suasana Katara dan Tamim Al-Majid: Dokpri
Suasana Katara dan Tamim Al-Majid: Dokpri

Turun dari kendaraan, kami memulai perjalanan di siang hari itu. Suasana di Katara tidak terlalu ramai. Sebagai mana biasanya di kawasan Timur Tengah, tempat-tempat umum lebih ramai dikunjungi  setelah senja menjelang hingga malam hari.   Ada satu hal yang dominan ketika mampir ke Katara ini adalah hampir semua bangunan dan fasilitas di sini terasa baru dibangun dalam waktu sepuluh tahun belakangan ini. Walaupun temannya adalah bangunan warisan atau tradisional Qatar sendiri.

Menara Burung Dara: Dokpri
Menara Burung Dara: Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun