Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menanti Kejutan Samurai Biru di Khalifah Stadium

23 November 2022   17:04 Diperbarui: 23 November 2022   17:58 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Insidesport.in

Malam ini, pukul 20.00 WIB atau pukul 16.00 waktu Qatar, satu lagi wakil Asia akan berlaga dalam pertandingan perdana di Grup E melawan Jerman di Khalifah Stadium di Doha.

Sama seperti pertandingan sebelumnya antara Arab Saudi dan Argentina, diramalkan bahwa Jerman akan dengan mudah menaklukkan tim dari negeri Matahari Terbit ini.  Salah satunya adalah reputasi Jerman yang pernah 4 kali juara Piala Dunia, yaitu pada 1954, 1974, 1990, dan 2014, dan beberapa kali sebagai runner up.  

Sementara itu prestasi tertinggi Jepang di Piala Dunia adalah berhasil maju ke babak 16 besar pada 2002, 2010 dan 2018.  Selain itu menurut rangking FIFA Jerman berada di posisi ke 11 dan Jepang ada di posisi ke 24. 

Namun Jerman juga mempunyai catatan buruk di Piala Dunia terakhir 2018 di Rusia, Kala itu Jerman benar-benar bernasib naas karena harus gugur di fase Grup bersama Korea Selatan, Meksiko dan Swedia.   Jerman dikalahkan 0-2 oleh Korsel dan juga 0-1 oleh Meksiko dan hanya berhasil sekali menang melawan Swedia 2-1.  

Catatan Jepang bahkan lebih baik karena berhasil maju ke babak 16 besar.  Bahkan Jepang juga berhasil melaju ke Qatar dengan mengantongi 15 kemenangan dari 18 pertandingan dan berhasil menyarangkan 58 gol membuatnya menjadi salah satu tim Asia yang patut diperhitungkan kali ini.

Jerman kali ini juga masih akan diperkuat oleh pemain kawakan Thomas Muller yang sudah memperkuat Jerman sejak Piala Dunia 2010 dan berhasil mencetak 10 gola dalam 16 penampilan terakhirnya. Selain itu Jerman juga akan diperkuat oleh pemain muda yang sedang naik daun yaitu Youssouffa Moukoko yang merupakan pemain paling muda dalam turnamen Piala Dunia kali ini.

Sedangkan dalam skuad Jepang akan ada Takumi Minamino yang merupakan pemain muda yang juga baru membuat debut pada Piala Dunia 2022 di Qatar ini. Dalam babak kualifikasi, Takumi berhasil mencetak 10 gol dan diharapkan bisa merepotkan pertahanan Jerman dalam pertandingan perdana ini. 

Salah satu nilai positif untuk tim Jepang adalah banyak pemain tim Samurai Biru ini yang bermain di Liga Jerman, sehingga setidaknya pola permainan Jerman bukan merupakan sesuatu yang asing bagi mereka.

Nah setelah sejenak melihat catatan prestasi dan kelebihan serta juga kekurangan kedua tim baik Jepang yang dijuluki The Blue Samurai mau pun Jerman yang dijuluki Der Panzer tetap memiliki peluang untuk menang. Walau tentu saja lebih banyak pengamat dan penonton yang menjagokan tim Jerman. Bahkan ada yang berani bertaruh 3-0 untuk Jerman.

Namun melihat pola permainan Jepang selama ini dan juga semangat juang jepang yang sering tidak kenal menyerah, yang pasti Jerman akan menghadapi perkawanan yang sangat ketat. Dan bukan tidak mungkin jika Jepang berhasil mencuri gol, nasib Argentina bisa menular ke Jerman.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun