Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inggris Memang Menjadi Favorit, tapi Iran Mungkin Buat Kejutan

21 November 2022   18:55 Diperbarui: 21 November 2022   19:05 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshoot: Ecentbright.com

Pertandingan perdana di Grup B Piala Dunia 2022 akan dimulai beberapa saat lagi yaitu sekitar pukul 16.00 Waktu Qatar atau pukul 20.00 WIB.   Hampir semua pengamat dan penggemar bola tentunya mengfavoritkan Inggris sebagai pemenang karena dilihat dari berbagai faktor dan perhitungan tim The Three Lions ini memang jauh lebih unggul dibandingkan tim Melli dari Persia.

Aplagi kalau melihat sejarah bahwa Inggris berhasil melaju hingga ke semi final dalam hajatan Piala Dunia 2018 di Rusia. Selain itu prestasi Inggris juga cukup cemerlang di Euro 2020 yang diselenggarakan pada 2021, yaitu melaju sampai final sebelum akhirnya dikalahkan oleh Italia dengan skor 3-2 melalui adu penalti.

Melihat catatan prestasi Inggris pada kedua turnamen penting tersebut di atas, tidak mengherankan jika banyak orang yang mengunggulkan Inggris untuk memetik angka penuh, yaitu 3 poin dalam pertandingan pertama melawan Inggris.

Sementara itu, Tim Iran tentunya tidak akan begitu saja mengalah kepada tim asuhan Gareth Southgate itu.  Yuk kita lihat sejenak torehan prestasi tim dari negeri para mullah ini.  Ternyata dalam babak kualifikasi zone Asia, Iran mencatat prestasi yang sangat gemilang sehingga melaju relatif cukup mulus ke Qatar.  Bahkan dalam babak ketiga kualifikasi itu, Iran memenangkan 8 dari 10 pertandingan dan hanya kemasukan 4 gol.

Bukan itu saja, rangking FIFA yang dimiliki Iran saat ini juga tidak terlalu buruk, Tim Iran duduk di posisi 20 padar urutan FIFA sehingga masih lebih baik dari beberapa tim Eropa Asia dan Afrika yang ikut melaju ke Qatar seperti Maroko, Jepang, Serbia dan bahkan Polandia.  Bahkan rangking Iran adalah yang terbaik dibandingkan dengan 5 negara lainnya yang mewakili benua Asia yaitu Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Qatar, dan Australia.

Walau pun begitu, ada sedikit kisah yang cukup mengganjal di tim Iran, yaitu mereka belum lama ini mengalami pergantian pelatih kepala, yaitu Dragan Sjocik digantikan oleh Carlos Queiroz.  Selain itu Iran juga merupakan salah satu dari 20 tim yang berlaga di Qatar dan sekali gus berlaga di dua turnamen Piala Dunia sebelumnya yaitu 2014 di Brasil dan 2018 di Rusia. 

Nah melihat prestasi kedua tim.  Rasanya peluang tim Inggris untuk menaklukkan Iran adalah jauh lebih besar. Bahkan ada yang menyatakan estimasi kasar bahwa Inggris akan menang dalam angka sekitar 70% sedangkan peluang seri sekitar 20 % dan peluang Iran untuk menang hanya 10 %.

Namun ramalan ini tentunya baru akan terkuak apakah menjadi kenyataan atau tidak setelah 90 menit berlalu di Khalifah International Stadium di Qatar dalam beberapa jam lagi.

Ada beberapa pemain yang diramalkan mampu menjadi bintang untuk tim masing-masing dalam pertandingan nanti. Henry Kane, kapten tim Inggris misalnya berprestasi sangat cemerlang pada Piala Dunia 2018 dengan merebut sepatu emas alias golden boot dan berhasil mencetak 6 gol.  Selain itu dalam babak kualifikasi menuju Qatar, Kane juga berhasil mencetak 12 gol.   Sementara itu dari Iran ada dua pemain yang patut menjadi perhatian dan kemungkinan akan mampu mencuri gol ke gawang Inggris. Pertama adalah Sardar Azmoun yang sepanjang kariernya mampu menyumbang 40 gol dalam 63 pertandingan bagi tim Iran.  Sedangkan pemain yang kedua adalah Mehdi Taremi yang mau menyumbang 13 gol dalam 19 pertandingan bersama klub Porto.

Melihat statistik dan fakta yang cukup lengkap dari kedua tim, saya tetap yakin dan berharap bahwa Iran akan mampu mengimbangi Iran dan bila mungkin mencuri angka sehingga dapat memetik poin penuh dengan mengalahkan Inggris.  Walau kemungkinannya memang kecil, tetapi pepatah bola itu bundar bisa saja terjadi dan dalam sejarah bukanya sering terjadi bahwa tim unggulan harus kalah di pertandingan pertamanya di Piala Dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun